Ade Rai

ade rai Ade Rai

Ade Rai

3x Drug-Free World Bodybuilding Champion

Ade Rai yang bernama lengkap I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha lahir pada tanggal 6 Mei 1970 di Jakarta. Semasa kecil hingga beranjak remaja, Ade Rai memiliki tubuh yang kurus, namun memiliki minat yang besar pada berbagai aktivitas olahraga, termasuk karate, judo, hingga ke bulutangkis. Awalnya Ade ingin terlihat lebih atletis dan menjadi kuat sehingga aktif dalam olahraga panco yang kemudian membuat tertarik ke dalam dunia angkat beban. Sembari kuliah, Ade Rai pun mulai menekuni olahraga binaraga dengan lebih serius.

Ade Rai meraih Juara Nasional pertamanya pada tahun 1994, di kelas berat, yang dipertahankannya hingga tahun 2007. Pada tahun 1995, Ade Rai meraih prestasi Internasional pertamanya yakni Mr.Asia, yang kemudian di tahun 1996 Ade Rai sebagai seorang atlet drug-free seumur hidupnya tertarik mengikuti kejuaraan dunia drug-free paling bergengsi waktu itu, Musclemania World, yang berhasil membuatnya keluar sebagai juara di kelasnya (Berat Ringan) dan sebagai juara umum (Overall). Sejak saat itu, Ade Rai pun terus aktif dalam berbagai kejuaraan binaraga dan meraih sederet kemenangan, hingga mengharumkan nama Indonesia di berbagai kompetisi internasional.

Lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional ini senantiasa mempertahankan fisiknya dengan gaya hidup sehatnya sehingga Ade selalu diundang untuk menjadi bintang tamu (guest-poser) dalam berbagai kejuaraan binaraga natural dunia di Asia (Malaysia, Hong Kong), Eropa (Italia), Australia, maupun Amerika.

Sejak saat itu, Ade Rai lebih memfokuskan diri dan aktivitasnya dalam mengembangkan gaya hidup fitness dan olahraga binaraga di Indonesia. Putra ke-2 dari ayah (Alm.) I Gusti Agung Rai Widjaja dan ibu Selena Susanti ini merintis pusat kebugaran Klub Ade Rai yang hingga hari ini telah menjadi jaringan pusat kebugaran waralaba dengan 12 cabang di seluruh Indonesia. Selain itu, Ade Rai juga aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui fitness, dengan menjadi bintang tamu atau pembicara dalam berbagai talkshow baik di televisi maupun di berbagai acara seperti kejuaraan, pembukaan fitness center. Menjadi bintang iklan berbagai produk nasional dan internasional juga digeluti secara selektif.

Dalam setiap kesempatan (wawancara di berbagai media, talkshow, seminar) pun, Ade Rai senantiasa menekankan pentingnya menjalani gaya hidup yang sehat sekaligus menawarkan aktivitas fitness sebagai solusi kesehatan, kebugaran, peningkatan daya tahan tubuh, umur panjang, hingga peningkatan performa olahraga bagi semua orang, tak terkecuali umur, jenis kelamin, maupun golongan.

Berbagai aktivitas yang ditekuni juga adalah hasil kerjasama dengan berbagai organisasi sosial seperti Badan Kesehatan Dunia (WHO), Badan Narkotika Propinsi (BNP), UNICEF, Dinas Kesehatan Propinsi. Selain itu, Ade Rai juga aktif menjadi kontributor untuk berbagai media baik cetak maupun elektronik, termasuk saat ini menjadi kontributor Portal Duniafitnes.com.

Pada tahun 2006 yang lalu, Ade Rai membangun RAI Institute sebagai wujud keseriusannya dalam mengedukasi dan memotivasi masyarakat mengenai gaya hidup sehat melalui fitness. Melalui RAI Institute, Ade Rai mengkonsentrasikan upaya edukasi melalui program pelatihan sertifikasi untuk para professional di bidang fitness. Pada awal tahun 2007, bekerjasama dengan PT.Trias Sukses Dinamika, Ade Rai meluncurkan produk Ade Rai Yoghurt Fitness. Ade Rai Yoghurt Fitness hadir dengan konsep aneka varian rasa dan formulasi unik, di mana komposisi protein dan kalsium yang lebih tinggi namun komposisi lemaknya paling rendah, serta tanpa tambahan gula. Hal ini adalah upaya yang selaras dengan anjuran pola makan sehat yang telah selama ini disampaikan.

Ade Rai berharap dengan mengisi kendala informasi, pengetahuan, dan sarana fasilitas ini, semoga banyak orang yang memulai fitness tidak harus menghadapi kesulitan seperti yang pernah dihadapinya dulu, sekaligus turut berperan aktif dalam menumbuhkembangkan industri kebugaran di Indonesia.

Baca artikel oleh Ade Rai