10 Cara Tingkatkan Metabolisme Anda

category: Fat Loss

10 cara meningkatkan metabolisme anda 1 10 Cara Tingkatkan Metabolisme Anda

Para ahli kesehatan dan pemerharti pengaturan berat badan di dunia terus menyoroti bagaimana cara meningkatkan metabolisme secara optimal. Seberapa cepat tubuh dapat membakar kalori? Hal ini tergantung pada beberapa faktor alami seperti usia, genetik, dan jenis kelamin sebagai penyebab menurunnya metabolisme.

Untuk membantu Anda meningkatkan metabolisme atau laju pembakaran kalori dalam tubuh Anda, berikut ini ada 10 cara yang bisa Anda terapkan:

  1. Tambah Otot
    Perlu Anda ketahui bahwa tubuh kita secara terus-menerus membakar kalori bahkan ketika kita tidak melakukan apa-apa. Tingkat metabolisme saat istirahat jauh lebih tinggi pada orang yang memiliki lebih banyak otot. Lakukan latihan dan olahraga untuk menambah massa otot sekaligus meningkatkan metabolisme Anda.
  2. Latihan Rutin
    Latihan akan meningkatkan metabolisme Anda dengan efektif. Untuk mendapatkan manfaat optimal cobalah kombinasikan latihan beban Anda dengan latihan aerobik ataupun terapkan latihan interval agar lebih menantang.
  3. Minum Air Putih
    Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori. Jaga diri Anda tetap terhidrasi, karena dehidrasi akan memperlambat metabolisme Anda. Minum minimal 8 gelas air sehari agar proses pembakaran kalori lebih optimal.
  4. Tambahkan Es Batu
    Minuman dingin membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak selama proses pencernaan. Namun pastikan Anda tidak menambahkan gula ke dalam minuman dingin tersebut. Penelitian menunjukkan konsumsi 5 atau 6 gelas air dengan es batu dapat membantu membakar 10 kalori ekstra per hari.
  5. Makan Lebih Sering
    Makan lebih sering dengan menyertakan snack di antara waktu makan utama akan membantu Anda menurunkan berat badan. Membagi makan 5-6 kali dalam porsi kecil akan membuat metabolisme Anda stabil, sehingga pembakaran kalori menjadi lebih sempurna.
  6. Tambahkan Rasa Pedas
    Makanan pedas mengandung senyawa kimia yang memacu level metabolisme lebih tinggi dari biasanya. Sesendok makan cabai merah atau hijau cincang dapat meningkatkan metabolisme hingga 23 persen.
  7. Perbanyak Asupan Protein
    Tubuh membakar kalori 2 kali lebih banyak saat mencerna protein dibandingkan saat mencerna karbohidrat dan lemak. Kurangi karbohidrat dan lemak serta makanan kaya protein dalam diet sehat Anda untuk meningkatkan metabolisme.
  8. Kopi Hitam
    Kopi dapat meningkatan energi dan konsentrasi Anda jika diminum pada waktu yang tepat, misalnya untuk mengawali pagi hari Anda. Menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dalam jangka pendek, yaitu sekitar 4 jam setelah meminumnya.
  9. Teh Hijau
    Teh hijau atau teh oolong menawarkan manfaat kombinasi dari kafein dan katekin, zat yang berguna untuk meningkatkan metabolisme selama beberapa waktu. Minumlah 2 cangkir teh hijau untuk membakar 50 kalori ekstra setiap hari.
  10. Hindari Diet Ekstrim
    Diet yang dimaksud adalah diet dengan kurang dari 1000 kalori per hari. Diet rendah kalori memang dapat membantu menurunkan berat tetapi juga secara ekstrim membuat metabolisme Anda menurun drastis. Pastikan kalori yang Anda konsumsi memenuhi kebutuhan basal Anda untuk menjaga level metabolisme tubuh Anda tetap optimal.

Cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme adalah dengan membangun otot dan lebih aktif melakukan kegiatan fisik. Cobalah 10 cara meningkatkan metabolisme di atas untuk mengaktifkan kembali metabolisme tubuh Anda.