3 Langkah Kurangi Nafsu Makan Berlebih

category: Fat Loss

Pernahkan Anda ingin makan sekalipun tidak merasa lapar? Hal ini kadang terjadi saat Anda dihadapkan pada makanan yang menggugah selera. Bahkan, saat tidak lapar pun Anda akan berjuang sekuat tenaga untuk menyantap makanan tersebut demi memuaskan godaan ini.

nafsu makan 3 Langkah Kurangi Nafsu Makan Berlebih

Jika kebiasaan ini terjadi dalam waktu lama dan yang Anda konsumsi adalah makanan berkalori tinggi, maka Anda akan berisiko mengalami obesitas. Berikut ini 3 langkah sederhana yang bisa Anda jalankan untuk mengendalikan nafsu makan berlebih:

  1. Bagilah Makanan Dalam Jumlah Kecil
    Saat Anda melihat makanan kesukaan Anda dan berniat untuk memakannya sekalipun Anda tidak lapar, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagi makanan tersebut dalam jumlah kecil. Ini adalah cara paling efektif dan menguntungkan Anda. Mengapa demikian? Di satu sisi Anda masih bisa menikmati makanan kesukaan Anda, selebihnya Anda berhasil membatasi asupan kalori karena Anda memakannya dalam porsi yang lebih kecil.
  2. Buatlah Daftar Makanan
    Untuk mengurangi nafsu makan di waktu tertentu, bayangkanlah Anda sudah makan dengan porsi yang cukup. Mengingat apa yang sudah Anda makan dapat mengaktifkan hipokampus otak Anda. Inilah bagian dari otak besar yang turut mengendalikan nafsu makan Anda. Untuk memaksimalkan kinerja hipokampus ini, buatlah daftar makanan yang akan Anda konsumsi setiap hari. Masukkan daftar makanan yang kaya vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan untuk membantu menjaga kesehatan Anda.
  3. Jangan Gunakan Tempat Makanan Transparan
    Apakah Anda menggunakan tempat makanan yang transparan di rumah Anda? Salah memilih wadah atau tempat makanan ternyata bisa berefek buruk bagi diet. Tempat makan transparan bisa membuat makanan Anda mudah terlihat dan semakin menggoda untuk disantap. International Journal of Obesity di Amerika mengungkap, perempuan akan makan 71 persen lebih banyak jika menggunakan wadah transparan. Jadi, untuk mengurangi nafsu makan Anda, gunakanlah wadah makanan yang tertutup.

Barengi usaha ini dengan olahraga teratur dan istirahat cukup agar berat badan Anda tetap terjaga dan terhindar dari risiko obesitas. (dan)

BACA JUGA : Konsumsi Dua Apel Sehari Sehatkan Jantung, Lho!