5 Hal untuk Memotivasi Diet Anda

category: Fat Loss

5 tips agar anda tetap termotivasi berdiet

Diet tidak hanya dipengaruhi oleh faktor fisik saja, tetapi juga faktor psikologis.

Sebelum Anda bisa tetap termotivasi, Anda perlu menemukan motivasi Anda sendiri, alasan mengapa Anda ingin memulai menurunkan berat badan.

Menyusun rencana diet akan menjaga Anda tetap termotivasi. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membuat Anda termotivasi selama menjalani diet.

Buat Perjanjian
Buatlah perjanjian dengan diri Anda sendiri, bila perlu buat perjanjian tertulis yang Anda tandatangani. Masukkan semua alasan kenapa Anda ingin menurunkan berat badan, entah untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal atau untuk menjaga kesehatan Anda. catat berat badan Anda saat ini dan berat badan yang ingin Anda dapatkan setelah berdiet. Tapi, jangan lupa untuk membuat target yang realistis untuk dicapai. Setelah membuat perjanjian ini, sering-seringlah melihatnya untuk membantu memotivasi Anda dengan mengingatkan kenapa Anda memulai berdiet. Yang lebih penting lagi, itu menunjukkan komitmen Anda untuk membuat hidup Anda lebih baik.

Berikan Hadiah
Daripada berfokus pada target berat badan yang ingin Anda capai, lebih baik Anda fokus pada langkah-langkah simple untuk meraih goal Anda. Misalnya, berikan diri Anda hadiah kecil tiap kali Anda berhasil menurunkan berat badan sebanyak 2 kg. hadiah itu bisa berupa shopping, nonton film, atau melakukan piknik misalnya. Ini akan membuat Anda lebih bersemangat untuk mencapai 2 kg penurunan berat badan berikutnya, dan tanpa Anda sadari, Anda sudah mencapai target berat badan Anda!

Temukan Teman Latihan
Latihan adalah aspek penting untuk menurunkan berat badan, tetapi kadang bisa sulit untuk menjadikannya sebuah rutinitas. Nah, di sinilah pentingnya memiliki teman untuk berolahraga bersama dan memotivasi Anda.

Manjakan Diri
Diet bukanlah sebuah penderitaan. Dengan berdiet, bukan berarti Anda harus tersiksa untuk menjalaninya. Dan karena faktor stres juga mempengaruhi jalannya diet Anda, maka jauhkan diri Anda dari stres selama berdiet. Setiap kali Anda merasa mulai kehilangan motivasi, manjakan diri Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai dan kegiatan-kegiatan yang membuat Anda rileks.

Pantau Perkembangan
Pada saat Anda memulai berdiet, siapkanlah sebuah catatan atau log book untuk memantau perkembangan diet Anda. Selain berat badan, ukur juga lingkar lengan, dada, pinggang, pinggul, paha, dan betis Anda. Sekali setiap minggu, pada hari dan waktu yang sama, timbang berat badan dan lakukan pengukuran ukuran tubuh Anda, lalu catat hasilnya. Pantau dan evaluasi hasil diet Anda. Ketika Anda mengalami sedikit saja kemajuan, motivasi Anda untuk mencapai hasil yang lebih banyak lagi akan meningkat.

Ikuti tips di atas dan tetaplah termotivasi untuk berdiet! Jangan menyerah untuk meraih tubuh dan berat badan ideal yang Anda idam-idamkan!