Bingung Memilih Menu Sehat untuk Makan Siang Anda?

category: Fat Loss

Pilihan tepat untuk makan siang 2 Bingung Memilih Menu Sehat untuk Makan Siang Anda?

Makan siang merupakan waktu makan yang penting bagi tubuh kita, baik Anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, ataupun yang ingin menambah berat badan.

Setelah beraktivitas sepanjang pagi yang melelahkan, tak jarang kita memilih makanan berat bahkan junk food untuk menu makan siang kita karena lapar yang sedang kita rasakan saat itu. Tetapi, seringkali yang muncul justru rasa kantuk setelah menyantap menu makan siang tersebut. Terkadang kita juga sudah merasa lapar lagi hanya berselang 1 atau 2 jam setelah makan siang. Hal ini bisa jadi muncul akibat adanya kekeliruan dengan pilihan makan siang kita. Jadi, apa yang harus kita makan saat makan siang?

Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks adalah menu wajib yang harus masuk dalam makan siang Anda. Tubuh akan mencerna karbohidrat secara perlahan-lahan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat jenis ini tidak akan meningkatkan gula darah kita secara drastis sehingga mencegah kita mengantuk setelah mengkonsumsinya. Selain bergizi, karbohidrat kompleks mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan.
Sumber: nasi, roti gandum, pasta gandum, oatmeal, beras merah, ubi jalar, dan sayuran.

Protein
Protein cenderung dicerna cukup lambat oleh tubuh sehingga konsumsi protein akan membuat rasa kenyang Anda bertahan lebih lama. Salah satu protein terbaik adalah ikan salmon yang juga mengandung asam lemak Omega-3 untuk kesehatan jantung Anda.
Sumber: Salmon, ayam, ikan tuna, kacang-kacangan, tahu, kalkun, daging sapi tanpa lemak, dan telur.

Buah-buahan Segar
Konsumsi buah segar sebagai makanan pencuci mulut saat makan siang merupakan pilihan yang sangat baik untuk mencegah penurunan energi pada sore hari. Anda bisa memasukkan buah-buahan segar ke dalam salad. Alpukat merupakan salah satu buah yang terbaik untuk mendukung produksi energi.
Sumber: Jeruk, apel, alpukat, mangga, blueberry, dan pisang.

Memilih dan menyiapkan menu makan siang yang sehat terkadang menjadi hal yang cukup sulit, terutama bila kita tergolong orang dengan aktivitas harian yang sangat padat. Namun, sekarang Anda sudah tahu apa saja yang harus Anda masukkan dalam menu makan siang Anda. Untuk menjaga pola makan sehat Anda, lengkapilah makan siang Anda dengan pilihan menu yang tepat. Pilihan makanan ini juga membantu metabolisme Anda terjaga tetap stabil dengan gizi berimbang.