Fat Level Point

category: Fat Loss

Fat Level Point, mungkin belum pernah dari kita yang mendengar istilah ini. Fat Level Point adalah titik standard dimana tubuh kita mempertahankan jumlah lemak yang mampu disimpan. Apa fungsinya buat kita?

Pertama-tama, kenalilah tubuh Anda sendiri, apakah Anda termasuk bertubuh kurus kering? Dengan kadar lemak cuman 10% dan tidak bisa gemuk dan susah sekali untuk menaikkan berat badan? Atau tubuh Anda termasuk gemuk, dengan kadar lemak sekitar 30% atau bahkan lebih?

Angka 10% atau 30% atau berapapun tubuh Anda menunjukkan angka itu, ada titik standard yang berbeda untuk tiap-tiap individu. Tubuh kita secara genetik memiliki standard yang berbeda. Dan yang paling penting adalah tubuh kita berusaha mempertahankan angka itu sebisa mungkin. Hal inilah yang menjelaskan kenapa orang kurus kering susah sekali menambah berat badan walaupun sudah mengikuti larangan-larangan yang dianjurkan di banyak literatur-literatur tentang diet misalnya makan makanan berminyak dalam jumlah yang banyak, makan langsung tidur, nyemil empty calorie snack. Begitu juga dengan yang bertubuh gemuk, kenapa tidak makan, tetapi berat badan tidak kunjung kurus, bahkan yang berhasil menurunkan berat badan pun, tidak lama kemudian pasti beratnya secara perlahan naik kembali ke titik standard tersebut.

Bagaimanakah cara merubah fat level point tersebut? Apakah kita harus pasrah terhadap genetik kita? Ternyata tidak. Ada dua cara untuk merubah fat level point tersebut, yang pertama adalah dengan berolahraga dan yang kedua adalah dengan merubah apa yang kita makan.

Berolahraga dan merubah makanan dari bad calorie menjadi good calorie akan merubah point tersebut menjadi lebih ideal.