Komposisi Tubuh

category: Fat Loss

komposisi tubuh Komposisi TubuhKomposisi Tubuh… Pengetahuan ini yang kayaknya paling sering dicuekin atau bahkan tidak diketahui oleh semua orang yang mau membentuk tubuh. Biasanya cowok yang mau membentuk badan, menurut mereka tubuh isinya hanya otot saja, sedangkan bagi para cewek yang mau membuang lemak, menurut mereka tubuh isinya hanyalah lemak saja.

Sebenarnya, ketika kita berbicara mengenai pembentukan tubuh, termasuk membuat tubuh lebih langsing dengan membuang lemak, Anda harus mengerti bahwa tubuh kita terdiri dari otot dan lemak. Hanya otot dan lemak lah yang berkontribusi terhadap naik turunnya badan kita. Tidak mungkin kan kulit kita bertambah berat? Atau rambut kita membuat badan kita naik 5kg? Yang bisa membuat berat badan kita naik maupun turun itu hanyalah otot dan lemak.

Ketika lemak bertambah, berat badan pun akan bertambah, ketika lemak berkurang, secara otomatis berat badan pun akan turun. Begitu juga dengan otot, ketika otot bertambah, maka berat badan pun akan bertambah dan ketika otot berkurang maka berat badan pun akan turun. Jadi jangan berpikir bahwa berat badan yang turun itu pastilah lemak Anda sudah berkurang. Kalau tidak hati-hati, maka otot pun bisa berkurang. Dan hal ini lah yang harus dihindari. Ketika kita ingin membentuk tubuh ideal dan membuang lemak, kita harus memperhatikan jangan sampai otot yang terbuang.

Apa tandanya kalau otot terbuang? Paling gampang adalah ketika mulai diet, berat Anda turun, dan rambut Anda mulai rontok. Itu artinya tubuh sudah kekurangan protein, maka supaya kita tidak jatuh sakit, maka tubuh mengambil protein dari rambut, otot, dan tempat-tempat yang lain lagi. Bahkan kita jadi mudah sakit kalau kekurangan protein karena anti body tubuh kita semuanya juga terbuat dari protein. Tetapi daripada susah-susah mengamati rambut yang rontok, maka yang paling saya sarankan adalah menggunakan alat ukur lemak. Sehingga Anda benar-benar bisa memonitor apakah lemak atau otot yang sudah berkurang.

Dalam konsep penurunan berat badan, sebenarnya yang harus dilakukan adalah, menambah otot dan mengurangi lemak. Otot adalah kompor pembakar lemak, sehingga menambah otot akan membuat lemak terbakar lebih cepat lagi. Dan hal ini berlaku bagi cowok maupun cewek tanpa terkecuali.

Intinya adalah, apabila Anda ingin mengurangi lemak, Anda harus benar-benar memantau mana yang turun. Ketika apabila ternyata otot Anda yang turun, maka dapat dipastikan, beberapa bulan setelah hal itu terjadi, berat Anda akan kembali naik dan itulah yang disebut dengan yoyo diet.