Lompat Tali, Latihan Simple untuk Membakar Lebih Banyak Kalori

category: Fat Loss

Latihan kardio Lompat tali Besar 5 Lompat Tali, Latihan Simple untuk Membakar Lebih Banyak Kalori

Anda mungkin sudah pernah mencoba berbagai peralatan olahraga yang terbaik, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tapi apakah Anda tahu bahwa ada satu alat sederhana yang dapat membakar kalori tiga kali lebih banyak dari peralatan lainnya? Jawabannya adalah tali skipping untuk melakukan lompat tali.

Lompat tali adalah salah satu jenis latihan kardio sederhana yang berdampak besar bagi tubuh. Lompat tali selama 10 menit dapat membakar kalori setara dengan jogging 8 menit per mil. Oleh karena itu para ahli kebugaran menyebut lompat tali merupakan alat olahraga dan bentuk latihan terbaik yang bisa dimiliki oleh siapa saja.

Alasan Melakukan Latihan Lompat Tali
Berikut ini adalah lima alasan mengapa Anda harus mempelajari lompat tali:

  1. Harga Terjangkau. Tidak seperti treadmill, elliptical, atau mesin latihan kardio lainnya, harga tali untuk latithan lompat tali ini sangatlah murah dan awet digunakan untuk jangka panjang.
  2. Mudah Dibawa. Anda dapat membawa tali ini ke mana pun dengan mudah, sehingga memungkinkan Anda untuk berlatih di mana saja baik di dalam maupun di luar ruangan.
  3. Meningkatkan Kekuatan. Melompat dapat membangun kepadatan tulang dan meningkatkan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Para atlet melakukan latihan lompat tali untuk memaksimalkan tinggi lompatan vertikal.
  4. Meningkatkan Koordinasi. Lompat tali menuntut Anda untuk mampu mengontrol kecepatan, irama gerakan, dan postur yang tepat. Latihan ini membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan memaksimalkan hasil latihan Anda.
  5. Membakar Lemak. Lompat tali melibatkan hampir seluruh otot tubuh. Lompat tali merupakan latihan kardio yang dapat membantu Anda untuk membakar lemak sama efektifnya dengan latihan lain.

Memulai Berlatih Lompat Tali
Jika Anda belum pernah melakukan lompat tali sebelumnya, cobalah melakukan latihan lompat tali tanpa menggunakan tali. Fokuskan diri Anda untuk melakukan gerakan seakan-akan Anda sedang berlatih menggunakan tali. Putar pergelangan tangan Anda bersamaan dengan lompatan. Hal ini akan membuat Anda beradaptasi sebelum siap untuk melakukan lompat tali yang sesungguhnya.

Cara Melakukan Lompat Tali:

  1. Berdiri tegak dengan kedua tangan memegang ujung tali.
  2. Tempatkan tali di belakang tubuh sebagai awal.
  3. Lompat sebanyak 30 repetisi sambil mengayunkan tali ke depan.
  4. Istirahat selama 30 detik.
  5. Kemudian lakukan lagi 30 repetisi, dengan mengayunkan tali ke belakang.
  6. Lakukan sebanyak 4-8 set atau sesuai dengan kemapuan Anda.
  7. Tips: Biasanya para pemula masih sering tersangkut, harus beradapasi dan menjaga konsentrasi.

Terlihat mudah bukan? Cobalah membongkar gudang dan ambil tali skipping yang dulu sering Anda gunakan. Mulailah melompat, dan bawa tali tersebut ke mana pun Anda pergi. Selamat berlatih!