Makanan Untuk Membakar Lemak

category: Fat Loss

makanan pembakar lemak Makanan Untuk Membakar Lemak

Pola makan dalam program diet memegang peran yang luar biasa penting. Selain latihan yang teratur, memilih dan mengatur makanan yang masuk ke tubuh kita dengan cermat adalah langkah yang sangat baik demi menyempurnakan diet kita. Tapi, apakah Anda sering kebingungan karena tidak tahu makanan apa yang baik di kala berdiet? Apakah Anda takut kalau semua yang Anda makan akan ditimbun jadi lemak di perut?

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis makanan dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh? Jika Anda makan makanan ini dan melakukan latihan rutin, itu akan meningkatkan metabolisme Anda dan membakar lebih banyak lemak dengan lebih cepat selama beberapa jam bahkan setelah latihan.

Protein
Tahukah Anda bahwa dibutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna protein daripada untuk mencerna lemak? Jadi makin banyak protein yang Anda makan, makin banyak kalori yang terbakar. Berikut ini kutipan dari Journal of the American College of Nutrition, Vol. 23, No. 5, 373-385 (2004) berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Thomas L. Halton dan Frank B. Hu, MD, PhD,:

Diet tinggi protein telah terbukti meningkatkan efek thermogenesis serta rasa kenyang dibandingkan dengan diet dengan kandungan protein yang lebih rendah. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa makanan berprotein tinggi menyebabkan penurunan asupan energi di waktu makan berikutnya. Dalam diet, akan lebih bermanfaat untuk menggantikan sebagian karbohidrat simple dengan sumber protein yang rendah lemak jenuh.”

Vitamin C
Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk nipis, lemon, jeruk, jambu biji, anggur dan jeruk mengurangi efektifitas lemak dan bertindak sebagai kofaktor dari produksi carnitine dalam tubuh, di mana carnitine ini dibutuhkan untuk membakar asam lemak tubuh.

Kolin
Salah satu makanan yang kaya kolin adalah kedelai. Kolin membantu menghambat penyerapan lemak dan memecah cadangan lemak.

Serat
Makanan tinggi serat, yang biasanya juga memiliki Indeks Glikemik yang rendah, membantu agar level insulin dan gula darah kita lebih stabil, karena fungsi insulin sendiri salah satunya adalah untuk menyimpan lemak.

Kalsium
Sebuah penelitian melaporkan bahwa kalsium dalam produk susu dan olahannya, seperti susu, keju, dan yogurt bertindak sebagai pembakar lemak yang dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan pemecahan lemak dalam sel-sel lemak. Tapi pilihlah produk susu yang rendah lemak dan gulanya, salah satunya whey protein seperti Prostar Whey Protein dari Ultimate Nutrition.

Nah, ternyata tidak sulit bukan untuk menemukan makanan-makanan yang akan membantu kita membakar lemak? Jadi, mulailah mengatur pola makan dengan memilih makanan yang terbaik untuk program diet kita, dan juga jangan lupa berolahraga teratur!