Manfaat Olahraga di Pagi Hari

category: Fat Loss

Manfaat olahraga di pagi hari Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Latihan pagi adalah latihan yang paling efektif karena membantu mengatur sistem alarm alami tubuh kita. Setelah tubuh menjadi terbiasa dengan ritme ini, tubuh akan akan merasa rileks dan melepaskan stres pada pikiran dengan tidur yang memadai. Manfaat dari latihan rutin di pagi hari sangat luas, mulai dari meningkatkan kesehatan untuk mencegah beberapa penyakit, hingga meremajakan pikiran dan jiwa. Berikut adalah beberapa daftar manfaat latihan di pagi hari.

5 Manfaat Terbaik Dari Latihan Di Pagi Hari

  1. Salah satu manfaat utama dari latihan di pagi hari adalah setting ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam perubahan mental, fisik dan perilaku, yang merespon terhadap cahaya dan kegelapan di lingkungan organisme. Setelah ritme sirkadian sudah teratur, jam internal tubuh kita akan memberi tanda kapan waktu tidur dan waktu bangun. Ritme ini membantu tubuh untuk rileks, dan menjaga fungsi denyut jantung tetap lancar.
  2. Kegiatan fisik yang tubuh kita lakukan memberi tekanan di punggung dan sendi tubuh lainnya. Meski latihan itu sendiri tidak dapat mencegah atau mengobati osteoarthritis atau osteoporosis, namun latihan moderat reguler dan latihan beban di pagi hari akan menurunkan resiko kedua kondisi kepadatan tulang rendah tersebut.
  3. Penelitian menunjukkan latihan seperti berjalan kaki, jalan cepat, berenang dan jogging dan berlari dapat membantu meningkatkan tingkat kolesterol baik atau HDL. Kadar HDL yang tinggi memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan lainnya, dan mengatur kadar gula dalam darah, yang mengurangi resiko diabetes tipe 2. Ini adalah fakta medis yang membuktikan bahwa seorang yang tidak aktif memiliki risiko kematian dua kali lipat lebih tinggi akibat penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang aktif secara fisik.
  4. Menjaga berat badan merupakan keuntungan lain dari latihan pagi. Latihan ini membantu membakar kalori dan mengurangi jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh kita. Orang tidak bisa hanya melatih seluruh tubuhnya, tetapi perlu melakukan latihan khusus untuk membantu memperkuat kelompok sasaran dan otot-otot tertentu. Obesitas juga dapat dikelola dengan kombinasi diet sehat dan olahraga teratur. Obesitas meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
  5. Tubuh yang bahagia adalah pikiran yang rileks. Ketika kita latihan di pagi hari kita memompa paru-paru dengan udara bersih dan oksigen. Lebih banyak oksigen dalam darah kita dapat merangsang berbagai bahan kimia otak yang membantu untuk meningkatkan kewaspadaan mental, menyegarkan pikiran dan tubuh, meningkatkan tingkat kebugaran fisik kita dan bertindak sebagai dasar faktor ‘nyaman’. Orang yang tidak aktif lebih rentan menderita depresi klinis dan rendahnya rasa percaya diri.

Manfaat Lain Olahraga di Pagi Hari

  • Dapat meningkatkan suasana hati (mood).
  • Memastikan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Meningkatkan nafsu makan pada makanan dan makanan ringan yang sehat.
  • Memperkuat dan mengencangkan tubuh.
  • Meningkatkan ketahanan tubuh dan mengurangi kerentanan terhadap cedera.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan umur panjang.

Telah terbukti bahwa orang-orang yang latihan di pagi hari lebih menjaga rutinitas latihan mereka daripada orang-orang yang mengisi pagi harinya tanpa aktivitas fisik. Jadi, tidur lebih awal, bangun lebih pagi, dan bergeraklah!