Waspadai Lemak Visceral Pada Perut Buncit Anda!

category: Fat Loss

Waspadai bahaya lemak pada perut buncit anda 2 Waspadai Lemak Visceral Pada Perut Buncit Anda!

Seperti yang telah dibahas pada artikel Kenapa Perut Buncit Berbahaya, memiliki perut buncit dapat berbahaya dan berisiko bagi kesehatan Anda. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai jenis lemak yang tertimbun dalam perut buncit Anda, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.

Lemak Visceral Pada Perut Buncit
Lemak dalam tubuh ada 2 (dua) jenis. Ada lemak subkutan, lapisan lemak yang terletak tepat di bawah kulit. Kemudian ada juga lemak visceral yang juga disebut lemak intra abdomen, yang tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital, termasuk di dalam perut buncit Anda. Lemak ini akan dimetabolisme di hati yang kemudian akan diubah menjadi kolesterol darah, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Apa Penyebab Timbunan Lemak Visceral di Perut?
Faktor genetik cukup berperan atas jumlah lemak visceral Anda. Namun demikian, penelitian menunjukkan bahwa baik diet maupun aktivitas fisik juga mempengaruhi kadar lemak visceral Anda. Orang yang mengkonsumsi lemak jenuh dalam jumlah banyak atau tidak melakukan aktivitas fisik cenderung memiliki lebih banyak timbunan lemak visceral. Faktor lain meningkatnya pembentukan lemak visceral ini adalah stres.

Meningkatnya Risiko Sindrom Metabolik
Penelitian juga telah membuktikan bahwa orang dengan lemak visceral yang tinggi lebih berisiko terkena sindrom metabolik, yaitu obesitas sentral, kadar trigliserida dan LDL yang tinggi dan HDL yang rendah, hipertensi, serta resistensi insulin, yang mana semuanya itu akan meningkatkan risiko timbulnya hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes dan hingga kematian.

Ukur Lingkar Pinggang Anda
Lemak visceral tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Namun demikian, sebagai patokan, jika wanita (ras Asia) memiliki lingkar pinggang > 80 cm atau pria memiliki > 90 cm, maka sudah dikatakan mengalami obesitas sentral, di mana artinya timbunan lemak visceral tubuhnya dalam jumlah tinggi.

Mengatasi Lemak Visceral di Perut Buncit Anda
Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diet yang baik, yaitu dengan mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda (ikan, minyak bunga matahari, minyak kedelai, dan lain-lain) memiliki kadar lemak visceral yang lebih rendah. Untuk itu, mulailah kurangi konsumsi lemak jenuh dan karbohidrat sederhana dalam diet Anda dan gantikan dengan konsumsi lemak tak jenuh serta karbohidrat kompleks yang kaya serat. Selain itu, berolahraga dalam intensitas sedang seperti berjalan kaki, berenang atau bermain tenis secara teratur selama 30 menit akan membantu Anda mencegah timbunan lemak visceral dalam tubuh Anda. Membangun otot melalui latihan beban akan membantu juga. Otot membakar lebih banyak lemak dan membantu mempertahankan tingkat metabolisme Anda.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui betapa berbahayanya lemak yang tertimbun dalam perut buncit Anda. Tunggu apa lagi? Mulailah atur pola makan, berolahraga teratur dan berlatih beban untuk mencegah Anda dari serangan berbagai penyakit kronis yang akan timbul akibat tumpukan lemak di balik perut buncit Anda!