2 Body Weight Training Terbaik untuk Wanita

category: Fitness for Women

walkout-plank

Banyak wanita, bahkan mungkin Anda, kurang tertarik untuk melakukan body weight training atau latihan dengan menggunakan berat tubuh sebagai beban, karena menganggap bahwa body weight training yang bisa dilakukan hanyalah push up ataupun sit up. Nah, kali ini Anda akan mengetahui 2 jenis latihan terbaik selain push up dan sit up yang bisa Anda lakukan, yang tidak hanya membantu membentuk tubuh ideal dan seksi, tetapi juga meningkatkan kekuatan Anda.

Latihan Plank untuk Wanita
Plank adalah latihan yang efektif untuk membantu melatih stabilitas bagian inti tubuh Anda, dan juga menguatkan otot perut dan punggung bawah Anda, bersamaan dengan melatih otot torso dan kaki Anda. Berikut ini ada 2 latihan plank yang bisa Anda lakukan untuk membentuk tubuh ideal.

  • Walk Out Plank
    Untuk membuat tubuh Anda bugar dan cukup kuat untuk menjalankan latihan yang lebih sulit seperti push up, maka Anda harus memiliki otot inti yang kuat. Otot inti adalah bagian otot yang sangat penting dalam aktivitas Anda sehari-hari, mulai dari berdiri, duduk, berbaring, tengkurap, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya Anda harus meningkatkan kekuatan dan stabilitas otot inti Anda.
    Walk out plank adalah salah satu cara terbaik bagi Anda untuk melatih otot inti Anda. Latihan ini disebut juga sebagai plank to push-up. Jadi untuk melakukan latihan ini, Anda mulai dari posisi plank, yaitu telungkup dengan kaki lurus, kedua tangan menempel pada matras dan tegak lurus dengan lengan. Setelah itu, satu per satu tangan diangkat hingga lengan dan tangan Anda lurus atau dalam posisi push up.
  • Static Plank
    Sama seperti walk out plank, latihan ini juga sangat efektif. Walk out plank lebih dinamis dibandingkan dengan static plank, di mana static plank membuat Anda melakukan posisi full plank kemudian menahan posisi ini dalam jangka waktu tertentu. Latihan ini akan meningkatkan kekuatan otot inti Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan Anda melakukan latihan-latihan di atas maupun latihan lain yang Anda lakukan dengan teknik dan gerakan yang benar, sehingga mencegah Anda dari cedera dan juga meningkatkan kekuatan otot Anda sekaligus memberikan bentuk tubuh yang lebih indah bagi Anda. Selamat berlatih!