5 Gerakan Untuk Mengencangkan Otot Anda

category: Fitness for Women

5 Gerakan Untuk Mengencangkan Otot Andabesar 5 Gerakan Untuk Mengencangkan Otot Anda

Latihan yang melibatkan gerakan multi sendi dapat memperkuat otot-otot Anda sementara Anda melatih otot-otot ini untuk bekerja sama. Selain membuat tubuh lebih kencang, latihan ini akan memberikan koordinasi dan keseimbangan yang lebih baik serta dapat meningkatkan metabolisme Anda.

Anda bisa lakukan latihan ini tiga sampai lima sirkuit penuh sebanyak tiga kali seminggu, namun sebaiknya tidak secara berturut-turut.

Step-Up
(Melatih glutes, quads, hamstring, calves dan core)

Berdirilah di depan tangga, dengan lengan di samping Anda. Tempatkan kaki kiri Anda tetap di anak tangga dan jaga kepala tetap tegak dan perut Anda tetap kencang. Angkat tubuh Anda ke atas anak tangga, angkat lutut kanan hingga paha sejajar dengan lantai. Tahan sebentar. Kemudian turunkan kembali kaki kanan ke bawah anak tangga, disusul dengan kaki kiri. Ulangi gerakan tersebut.

Sit-Up (Siku sampai Lutut)
(Melatih otot perut)

Berbaringlah di lantai dengan lutut menekuk, telapak kaki rata di lantai. Letakkan tangan Anda di belakang kepala. Angkat kepala dan kaki Anda hingga beberapa inci dari lantai, dengan siku menunjuk ke arah lutut. Kemudian kencangkan dan kontraksikan perut saat siku bertemu dengan lutut Anda. Tahan sebentar, dan turunkan. Jaga kepala dan kaki Anda untuk tetap di atas lantai selama beberapa menit. Jika ini terlalu sulit, tetap letakan punggung Anda di atas lantai dan angkat bahu dan pinggul untuk bersama-sama mengangkat siku dan lutut.

Mountain Climber
(Melatih otot glutes, quads, hamstring, calves, inti dan dada)

Asumsikan posisi push-up, tangan rata di lantai di bawah bahu dan kaki terpisah selebar pinggul, dengan keseimbangan pada jari-jari kaki Anda. Tekuk lutut kanan dan telapak kaki kanan di bawah tubuh Anda, dan angkat pinggul Anda ke udara, silangkan kaki, sehingga kaki kanan memanjang dan kiri dibengkokkan. Dorong jari kaki Anda hingga pinggul naik ke atas, tukar kaki Anda, sehingga kaki kiri yang ditekuk. Ulangi beberapa kali.

Rotating Side Lunge
(Melatih otot glutes, quads, hamstring, paha luar, obliques)

Berdiri dengan kaki selebar pinggul, lengan diluruskan sejajar dada, dengan tangan tergenggam. Putar tubuh bagian atas ke arah kiri. Tekuk lutut kiri Anda dan turunkan pinggul Anda. Tekan kaki kiri Anda untuk kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut. Lakukan selama beberapa menit, kemudian ganti dengan sisi yang lain.

Push-Up
(Melatih otot dada, bahu, triceps dan inti)

Tangan rata di lantai di bawah bahu dan kaki terpisah selebar pinggul, dengan keseimbangan pada jari-jari kaki Anda. Tekuk siku ke samping dan turunkan tubuh hingga hampir menyentuh lantai. Jaga perut tetap kencang dan tubuh sejajar dari kepala hingga ujung kaki. Istirahatkan lutut Anda di lantai, jaga jari-jari kaki tetap menempel di lantai, dan dorong kembali. Luruskan kaki Anda dan ulangi.

Nah, latihan-latihan di atas akan sangat baik untuk membantu mengencangkan otot-otot Anda secara keseluruhan dan membantu Anda membentuk tubuh ideal yang Anda inginkan. Selamat berlatih!