Asyiknya Membakar Lemak Dengan Senam Zumba

category: Fitness for Women

Lemak membandel memang menjadi problem yang meresahkan bagi banyak orang, terutama Anda para wanita. Berbagai cara telah Anda tempuh demi menyingkirkan lemak membandel ini, salah satunya dengan berolahraga. Tapi terkadang usaha Anda terhenti di tengah jalan karena Anda merasa bosan dengan olahraga yang itu-itu saja.


Inilah saat di mana Anda harus menemukan olahraga alternatif yang lebih menyenangkan. Senam zumba adalah salah satunya. Senam zumba termasuk dalam kategori “dance fitness” karena di dalam latihan ini terdapat gerakan tarian yang dipadukan dengan metode interval training untuk meningkatkan pembakaran kalori dan pembentukan tubuh.

Senam zumba sendiri diciptakan oleh seorang dancer dan koreografer bernama Alberto “Beto” Perez dari Miami, yang berkolaborasi dengan dua orang entrepeneur yakni Alberto Perlman dan Alberto Aghion pada tahun 1990 yang lalu. Senam Zumba mulai dikenalkan di Indonesia pada tahun 2001 oleh Alberto “Beto” Perez sendiri.

Gerakan senam Zumba terdiri dari berbagai variasi tarian bergaya Latin yang menggabungkan unsur tarian lain seperti, meringue, pop, reggaeton, cumbia, mambo, salsa, flamenco, rumba, dan calypso. Kombinasi latihan squat dan lunges juga banyak diterapkan dalam senam ini. Zumba bisa dilakukan dalam tempo yang cepat dan lambat, sehingga penikmat Zumba dapat terhindar dari kebosanan, memiliki gerakan yang lebih lincah, dan lebih banyak otot yang bekerja.

Senam Zumba merupakan bentuk penerapan dari metode HIIT (High Intensity Interval Training), yakni latihan kardio yang dilakukan dalam waktu singkat dengan intensitas yang tinggi, sehingga sangat membantu dalam proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Dapatkan Tubuh Ideal dengan Pembakar Lemak Terbaik Di Sini!

Senam Zumba juga berguna untuk melatih otot-otot tubuh seperti, otot pinggul, pinggang, dan kaki. Setiap gerakan Zumba memungkinkan tubuh Anda bergerak lepas layaknya orang berdansa, sehingga menjadikan latihan ini sangat menyenangkan.

Ada 3 kelas Zumba yang dikategorikan sesuai dengan tingkat kemampuan dan usia Anda, yaitu:

  1. Zumba Gold: Untuk tingkatan lanjut usia di mana gerakan dansanya dirancang untuk menguatkan tulang serta berfokus pada kelenturan tubuh.
  2. Zumbatomic : Untuk tingkatan anak-anak usia 4-12 tahun. Gerakannya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kelenturan, serta konsentrasi anak.
  3. Zumba Fitness: Untuk tingkatan remaja sampai dewasa. Berguna untuk membantu pertumbuhan dan meningkatkan kesehatan.

Senam Zumba adalah alternatif yang tepat jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Simak bagaimana serunya berlatih Zumba dalam video berikut ini: Video Zumba Dance