Selamat Datang

Forum DuniaFitnes.com adalah media untuk berdiskusi tentang fitnes, diet, dan nutrisi. Silahkan mendaftar atau sign in terlebih dahulu untuk berdiskusi.

Login with Facebook

Top Posters

Home » Muscle Building
program fitness untuk pemula
  • Sebelumnya saya senang bisa bergabung di forum.duniafitness.com
    Dan mudah''an saya bisa mendapatkan teori latihan yg baik dan benar

    Umur : 18th
    Berat : 55kg
    Lama Fitness : 4 Bulan
    Tinggi : 169cm
    Gainer : Muscle Juice
    Lama latihan : 1,5jam - 2 jam sebanyak 3 kali (senin,kamis,sabtu/minggu) per-minggu
    Pola makan : 3 kali / hari

    nah, di sini saya mau tanya ..
    1. untuk lama latihan saya kelamaan ga ya ? ada yg bilang cukup 60 menit , tp bagi saya emang terlalu sebentar dan ga kerasa.
    2. saya tipe orang yg memang jarang makan , apakah pola makan saya cukup untuk ukuran tubuh seperti saya ?
    3. karena saya masih berumur 18 , dalam kata lain saya masih dalam proses pertumbuhan , apakah fitness akan mengganggu proses pertumbuhan ?
    4. saya tipe orang yg sok kuat , jadi saya tiap latihan fitness .. misalnya latihan untuk dada , saya terus tambah berat nya sampai sudah tidak kuat 
    apakah ini berbahaya untuk ukuran badan seperti saya ?
    5. apakah makan kuning telur harus setiap hari ? atau pada saat sebelum/sesudah latihan ?
    6. apa aja sih program'' latihan fitness secara berurut ? misalnya sekarang main dada , besoknya main sayap , besoknya main bahu , besok nya main kaki , besoknya main perut :)


    Mohon bantuannya dari semua pengguna forum.duniafitness.com untuk bantu saya yg masih newbie :p

    Thanks before .. :)
  • 21 Comments sorted by
  • emjiemji
    Posts: 692
    langsung no 3.
    saya balik nanya,masih ingin nambah tinggi badan??
    emang mengganggu pertumbuhan kalo mainnya berat, jadi g bisa di pump ( percuma fitness kalo mainnya ringan), kalo niatnya masih ingin tinggiin badan stop aj fitnessnya. mending latihan calestenic aj

    info:saya menyarankan adek saya latihan calestenic daripada fitnes,dia mseh kelas 3 smp tinggi 167 .
  • iya saya pgn nambah tinggi juga sih , tp tiap fitness pasti maen nya berat mulu
    maaf sebelumnya , latihan calestenic itu apa ya ? seperti apa ? thx :D
  • iya saya pgn nambah tinggi juga sih , tp tiap fitness pasti maen nya berat mulu

    maaf sebelumnya , latihan calestenic itu apa ya ? seperti apa ? thx :D



  • emjiemji
    Posts: 692

    iya saya pgn nambah tinggi juga sih , tp tiap fitness pasti maen nya berat mulu

    maaf sebelumnya , latihan calestenic itu apa ya ? seperti apa ? thx :D


    calestenic itu latihan pake berat tubuh sendiri,,,
    seperti push up ( variasikan push up nya )
    squat/  lunges
    pull up ( variasikan juga )
    sit up
    tambah latihan cardio kayak, rope jump..,ntuk mrangsang ptumbuhan tulang
    biasanya orang latihan ini, yang cepat perkembangannya pada bagian punggung bahu dan perut,,,aku pun dulu latihan ini ketika sebelum akhirnya nge-gym :)

    kalo masih ingin fitnes juga, main
    yang ringan aj, karna tulang belakang terganggu perkembangannya karena kita angkat beban yang berat ( seperti latihan bahu dan dada)
  • IrfanIrfan
    Posts: 54
    @emji 

    gw kan masih 14 tahun. pengenya fitnes tapi ane mutusin olahraga dirumah aja.... biar nggak tralu menganggu pertumbuhan....

    pola olahraga :

    senin : push up n pull up (banyak variasinya)
    selasa : squat , (tanpa beban)
    rabu : angkat beban utk latih otot lengan make dumbell 2kg
    kamis : off
    jumat : pull up n squat menggunakan beban 2kg
    sabtu : cardio 
    minggu : off

    apakah pola tsb termasuk calestenic ? mengganggu pertumbuhn nggak ?


  • thx penjelasannya bro emji :D
    senang bisa dapet panduan dari anda ..

    tp sebelumnya saya masih tetep ngotot buat fitness,saya pikir tinggi 170an udah cukup deh
    tapi kalo saya sambil maen basket + fitness

    apakah masih bisa ada harapan untuk menambah tinggi badan ? :D
  • I like this question
  • CufangCufang
    Posts: 1,375
    Ptumbuhan tulang masi tetep Jalan ampe USIA 21-22
    Tapi klo USIA 18 emang masi bisa nambah tapi ga banyak, maksimal paling 2 cm an.
    Ngomong2 calisthenics.......coba kuasai gerakan "muscle Up" oke punya ni......klo ng gym bisa gerakan ini pasti banyak yg ngeliatin :D
  • Cufang said:

    Ptumbuhan tulang masi tetep Jalan ampe USIA 21-22
    Tapi klo USIA 18 emang masi bisa nambah tapi ga banyak, maksimal paling 2 cm an.
    Ngomong2 calisthenics.......coba kuasai gerakan "muscle Up" oke punya ni......klo ng gym bisa gerakan ini pasti banyak yg ngeliatin :D



    akhirnya komentar suhu yang saya tunggu'' hadir di thread ini :D

    seperti apa sih gerakan muscle up ? saya kurang tau dan memang ga paham :)
  • CufangCufang
    Posts: 1,375
    Muscle up ini gabungan pull Dan push
    Jadi Dari ngegantung di bar, atau palang....lakukan pull up.....nah Dari sini transisi bahu mutar kebelakang sehingga berakhir Dgn posisi terbawah waktu kita latian dip....lalu press untuk dip....
    Jd muscle up adalah rangkaian gerakan Dari pull up langsung lanjut dip.
    Gerakan ini perlu proses step by step. Tidak sulit, tapi perlu pengarahan. Kesulitan biasa terletak di transisi posisi top pull up ke bottom dip.
    Latian body weight yg sangat bagus sekali.semua otot besar Dan kecil kena.
    Bantu nambah yg diatas
    Dari tinggi berat badan,km berarti masuk ecto morph ya.....
    Tujuan fitnes mau gede apa ga? Apa sekedar hobi?
    Klo sekedar hobby, latian2 mu diatas oke juga.
    Tp klo mau nambah otot, 1 jam max harus berenti, kalahkan ego diri sndiri yg mengAtakan"saya masi mampu, saya blum puas, ectomorp metabolisme Nya tinggi, jd latian yg terlalu lama Akan byk makan energi, Dan melemahkan cns, juga memicu hormon kortisol,
    Train smart ini kuncinya....jg klo basket,ini akan menghambat pertumbuhan otot, basket makan banyak energi,termasuk kardio.
    Repetisi failure usahakan sangat minim, bahkan ga usah sama sekali malah better.
    Fokus compound movement dulu, beban berat-moderat
    5.nambah beban boleh, tp bertahap, pake prinsip progresiv overload
    6.kuning telur see belum n setelah latian oke. Hindari telur horen.
    7. Untuk pemula Dan skaligus ecto....yg terbaik adalah full body training, bukan muscle split. Muscle split nanti Ada saatnya.Ini cukup panjang pnjelasan science nya

    Smoga membantu
    Thanked by 1davidchristian
  • emjiemji
    Posts: 692

    Irfan said:

    @emji 

    gw kan masih 14 tahun. pengenya fitnes tapi ane mutusin olahraga dirumah aja.... biar nggak tralu menganggu pertumbuhan....

    pola olahraga :

    senin : push up n pull up (banyak variasinya)
    selasa : squat , (tanpa beban)
    rabu : angkat beban utk latih otot lengan make dumbell 2kg
    kamis : off
    jumat : pull up n squat menggunakan beban 2kg
    sabtu : cardio 
    minggu : off

    apakah pola tsb termasuk calestenic ? mengganggu pertumbuhn nggak ?





    ya,,,,,,nggak mengganggu ,sering2 aj berenang ato menendang,,,itu bisa memacu perkembangan tulang
  • Cufang said:

    Muscle up ini gabungan pull Dan push
    Jadi Dari ngegantung di bar, atau palang....lakukan pull up.....nah Dari sini transisi bahu mutar kebelakang sehingga berakhir Dgn posisi terbawah waktu kita latian dip....lalu press untuk dip....
    Jd muscle up adalah rangkaian gerakan Dari pull up langsung lanjut dip.
    Gerakan ini perlu proses step by step. Tidak sulit, tapi perlu pengarahan. Kesulitan biasa terletak di transisi posisi top pull up ke bottom dip.
    Latian body weight yg sangat bagus sekali.semua otot besar Dan kecil kena.
    Bantu nambah yg diatas
    Dari tinggi berat badan,km berarti masuk ecto morph ya.....
    Tujuan fitnes mau gede apa ga? Apa sekedar hobi?
    Klo sekedar hobby, latian2 mu diatas oke juga.
    Tp klo mau nambah otot, 1 jam max harus berenti, kalahkan ego diri sndiri yg mengAtakan"saya masi mampu, saya blum puas, ectomorp metabolisme Nya tinggi, jd latian yg terlalu lama Akan byk makan energi, Dan melemahkan cns, juga memicu hormon kortisol,
    Train smart ini kuncinya....jg klo basket,ini akan menghambat pertumbuhan otot, basket makan banyak energi,termasuk kardio.
    Repetisi failure usahakan sangat minim, bahkan ga usah sama sekali malah better.
    Fokus compound movement dulu, beban berat-moderat
    5.nambah beban boleh, tp bertahap, pake prinsip progresiv overload
    6.kuning telur see belum n setelah latian oke. Hindari telur horen.
    7. Untuk pemula Dan skaligus ecto....yg terbaik adalah full body training, bukan muscle split. Muscle split nanti Ada saatnya.Ini cukup panjang pnjelasan science nya

    Smoga membantu



    mantap .. :D

    ya saya nambah berat nya bertahap kok
    btw , telur horen ? telur jenis apa ya ini ..

    biasa saya pakai telur ayam kampung dan di makan kuningnya saja .. :p
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    Waduh, yg dimakan itu putih telurnya jangan kuningnya, klo kuningnya bisa naikkan kolesterol ente, klo putihnya bru benar, dan hrs dimakan dalam keadaan masak bukan mentah, dan yg menurut ane baca semua telur bagus, mau telur ayam kampung atau telur ayam petelur, semua sama bgsnya asal dimakan dalam keadaan masak bukan mentah
  • aditya666 said:

    Waduh, yg dimakan itu putih telurnya jangan kuningnya, klo kuningnya bisa naikkan kolesterol ente, klo putihnya bru benar, dan hrs dimakan dalam keadaan masak bukan mentah, dan yg menurut ane baca semua telur bagus, mau telur ayam kampung atau telur ayam petelur, semua sama bgsnya asal dimakan dalam keadaan masak bukan mentah



    loh , saya pernah dengar kalo yg di makan itu kuningnya saja dalam keadaan mentah .. :-o
    jadi yang benar itu dimakan putih nya dalam keadaan matang ? begitu ?
  • CufangCufang
    Posts: 1,375
    Mentah banyak bakteri salmonella.....
    Which is, klo pas daya tahan tubuh anda Lemah....yaaaa,,,,kena deh penyakit.
    Protein pd telur mentah jauh lebih sulit dicerna, mateng is the best.
    Horen itu ya petelur.....
    Kampung itu istilahnya "free range"
    Kampung Dgn petelur memiliki kandungan yg beda sekali.
    Ayam kampung mencari makan "sendiri" makanan alami ayam, cacing Dan biji.....krn sifatnya ini maka telur Nya juga punya kandungan beda.telur ayam kampung rasio omega3 : omega 6 yg jauh lebih imbang...mendekati 1 banding 1
    Sedang ayam petelur. Tidak mencari makan sendiri, Dan dia tidak bnyak gerak, tidak banyak gerak ini adalah pnyebab mngapa telur ayam petelur memiliki kolesterol jauh lebih tinggi.
    Dan makanan ayam petelur adalah makanan ternak, yg byk terdiri Dari Jagung daaaaan.....soy
    So....omega 6 dia jauuuuuuuuh lib bnyak Dari omega 3.rasio yg buruk sekali.
    Kuning telur pd kampung kaya vit e, folat, kolin, lessss kolesrerol....more CLA....more omega 3
    Klo kuning Nya ayam kampung dibuang....waaaaah sayang. Kaya nutrisi itu.
    Thanked by 1davidchristian
  • Cufang said:

    Mentah banyak bakteri salmonella.....
    Which is, klo pas daya tahan tubuh anda Lemah....yaaaa,,,,kena deh penyakit.
    Protein pd telur mentah jauh lebih sulit dicerna, mateng is the best.
    Horen itu ya petelur.....
    Kampung itu istilahnya "free range"
    Kampung Dgn petelur memiliki kandungan yg beda sekali.
    Ayam kampung mencari makan "sendiri" makanan alami ayam, cacing Dan biji.....krn sifatnya ini maka telur Nya juga punya kandungan beda.telur ayam kampung rasio omega3 : omega 6 yg jauh lebih imbang...mendekati 1 banding 1
    Sedang ayam petelur. Tidak mencari makan sendiri, Dan dia tidak bnyak gerak, tidak banyak gerak ini adalah pnyebab mngapa telur ayam petelur memiliki kolesterol jauh lebih tinggi.
    Dan makanan ayam petelur adalah makanan ternak, yg byk terdiri Dari Jagung daaaaan.....soy
    So....omega 6 dia jauuuuuuuuh lib bnyak Dari omega 3.rasio yg buruk sekali.
    Kuning telur pd kampung kaya vit e, folat, kolin, lessss kolesrerol....more CLA....more omega 3
    Klo kuning Nya ayam kampung dibuang....waaaaah sayang. Kaya nutrisi itu.



    jadi kesimpulannya saya harus makan telur ayam kampung matang dan dimakan putih dan kuningnya ?

    :D

    sekalian saya mau tanya ..

    1). saya udah menambah porsi makan 2x lipat dari biasanya tapi tetap 3-4 kali sehari
    tapi kok saya merasa perut saya menjadi besar gitu ya ? tapi saya merasa badan saya tidak membesar (seperti lengan , dada , sayap) , jadi badan saya ini hanya sekedar otot saja dan daging nya itu tipis ..

    2). hampir setiap hari saya mengkonsumsi jus alpukat , roti susu+keju , kuning telur ayam , daging ayam
    apakah yg saya konsumsi itu dapat di terima oleh tubuh atau otot'' saya ?
  • emjiemji
    Posts: 692
     mas aditya6 : yang enak ayam kampus mas
    mas cufang : kalo daging/telur kalkun gimana? ato telur biawak/buaya,,,bagus g?
    bro david : "jadi badan saya itu hanya sekedar otot saja ,,,dagingnya tipis" perbedaan otot ma daging apa ya??
    bukannya daging itu terdiri dari sekumpulan otot,,,,kalo daging di pasar mah, baru saya doyan!
    Thanked by 1davidchristian
  • CufangCufang
    Posts: 1,375
    Telur dimakan AMA putihnya, jgn kuning doang.
    Apokat oke, daging ayam oke
    Roti susu? Hindari prosesed karbohidrat, besar kmungkinan lemak perut darisana sumbernya.
    Lemak perut itu tanda tinggi hormon kortisol, insulin, Dan estrogen. Mst latian yg menginduksi testosterone.
    @emji telur kalkun kurang tau ya....tapi klo kalkun nya/ turkey ini protein per 100 gr nya lebih tinggi dari daging ayam.
    Thanked by 1davidchristian
  • Cufang said:

    Telur dimakan AMA putihnya, jgn kuning doang.
    Apokat oke, daging ayam oke
    Roti susu? Hindari prosesed karbohidrat, besar kmungkinan lemak perut darisana sumbernya.
    Lemak perut itu tanda tinggi hormon kortisol, insulin, Dan estrogen. Mst latian yg menginduksi testosterone.
    @emji telur kalkun kurang tau ya....tapi klo kalkun nya/ turkey ini protein per 100 gr nya lebih tinggi dari daging ayam.



    wah pantas saja , saya merasa kalo perut saya agak buncit berlemak , dan mulai sekarang akan saya stop makan roti susu ..

    kalau makan keju gimana ? :D

    memang apa aja sih makanan yg bisa membuat perut berlemak selain roti susu ? :)
  • CufangCufang
    Posts: 1,375
    2 words.....processed food.
    Keju some good some bad, asal ga berlebihan.
    Mozzarella n cottage chesse ini bagus.
GET HEALTHY NOW

Dapatkan Artikel Fitnes dan Diet Terbaru

Daftar newsletter sekarang juga