10 Pola Makan yang Menjebak dan Cara Mengatasinya (Bagian 2)

category: Health

10 pola makan yang menjebak

Pada artikel sebelumnya telah disebutkan 3 pola makan yang menjebak dan cara mengatasinya. Artikel ini akan melanjutkan penjelasan tentang jebakan pola makan lainnya yang mungkin salah satunya Anda lakukan setiap hari, yaitu:

  1. Ngemil Makanan Manis dan Berlemak
    Jika Anda melewatkan sarapan dan makan siang demi menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, ada kecenderungan Anda memakan makanan berlemak dan manis sebagai ganjaran atas kerja keras Anda. Makanan ini sebenarnya hanya akan meningkatkan energi Anda sebentar saja.

    Metabolisme Anda akan menurun pada sore hari apabila Anda memakan snack dan makanan lain yang tinggi lemak, gula, garam, dan kafein. Dehidrasi, stres, kurang tidur dan kurang olahraga juga merupakan penyebab metabolisme Anda menurun.

    Solusi
    Sediakan stok snack sehat di meja kerja Anda seperti buah pisang, jeruk atau apel. Atau Anda juga bisa siapkan yogurt rendah lemak dan gula sebagai snack kaya protein Anda.

  2. Meminum Kopi
    Dalam lingkungan kerja yang sibuk, banyak orang memilih meminum kopi untuk melawan rasa lapar atau untuk meningkatkan energi. Anda pasti akan kaget saat mengetahui berapa banyak kalori yang Anda konsumsi saat meminum kopi full-cream yang ditambah gula.

    Jika Anda ingin konsumsi kopi, maka cukup konsumsi paling banyak 2 cangkir kopi dan sebaiknya tidak perlu menambah gula dan krim ke dalamnya. Kandungan kafein dalam kopi espresso adalah 200mg/cangkir, berarti asupan harian kafein Anda dengan mudah dapat dicapai hanya dengan dua cangkir kopi. Kafein memang dapat meningkatkan konsentrasi dan juga stamina, tetapi kelebihan konsumsi kafein dapat menyebabkan sakit kepala, stres, rasa gelisah, dan pola tidur terganggu. Selain itu, kandungan kalori dari gula dan krim yang ditambahkan bisa membuat secangkir kopi mengandung kalori sama besar dengan makanan ringan dalam kemasan!

    Solusi
    Ingatlah bahwa kopi memiliki dampak baik dan buruk, konsumsilah dalam jumlah yang dianjurkan. Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau yang juga akan memberikan kafein seperti halnya kopi, sekaligus memberikan Anda antioksidan bagi kesehatan Anda.

  3. Mengalah Pada Situasi
    Pada akhir pekan atau hari-hari tertentu, Anda kadang mendapatkan undangan perayaan seperti pesta perpisahan, ulang tahun, dan pesta lainnya. Yang akan Anda temui pastinya adalah teman dan makanan. Dalam pesta tentu akan sulit untuk Anda mengendalikan nafsu makan.

    Solusi
    Pastikan Anda memilih untuk mengkonsumsi makan yang sehat seperti yang sudah Anda rencanakan dalam pola diet Anda. Hindari minuman bersoda dan alkohol. Sebarkan juga pola hidup sehat Anda kepada rekan kerja, agar mereka juga tergugah menjalankan diet seperti Anda. Hidup sehat dan bahagia.

Apakah ada salah satu atau lebih dari jebakan pola makan di atas yang Anda lakukan setiap hari? Jika ya, mulailah perbaiki pola makan Anda dengan solusi yang disarankan di atas. Selain itu, masih ada 4 jebakan pola makan lagi yang akan Anda temui di artikel selanjutnya!