6 Tips Untuk Sehat dan Panjang Umur

category: Health

 6 Tips Untuk Sehat dan Panjang Umur

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Anda tentu setuju dengan pepatah ini. Berikut adalah 6 tips tentang cara untuk hidup panjang umur dan sehat. Selain itu, gaya hidup sehat ini juga membantu mencegah penyakit sekaligus membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Olahraga

    Orang zaman dulu cenderung lebih sehat dan panjang umur karena mereka harus menggunakan aktivitas fisik dalam setiap pekerjaan mereka. Berbeda dengan zaman sekarang, kita bangun tidur kemudian pergi bekerja dengan mobil, kemudian duduk, lalu pulang dan ketika tiba di rumah, kita kembali duduk nonton TV sampai malam. Fisik yang tidak aktif ini merupakan salah satu alasan utama munculnya sejumlah penyakit. Bila kita tidak perlu mengerahkan fisik saat melakukan pekerjaan kita, masukkan olahraga seperti berlari, berjalan kaki dan hal lainnya ke dalam rutinitas kita.

  2. Tidur

    Ini mungkin terdengar sederhana, namun banyak orang belum tidur hingga larut malam meskipun tubuh mereka sudah memberikan sinyal untuk tidur. Namun banyak dari kita malah akan mengkonsumsi kopi untuk belajar, bekerja atau melakukan hal lainnya hingga larut malam. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa hidup seperti ini adalah salah satu faktor yang berkontribusi dalam menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Untuk itu, tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih pagi.

  3. Makan Ketika Lapar

    Ini juga hal yang sederhana, namun sekali lagi kita sering tidak menghiraukannya. Kesibukan yang menyita waktu kita atau adanya faktor lain yang membuat kita tertekan pada waktu tertentu akan membuat kita lupa waktu makan bahkan hingga kehilangan selera makan, meskipun saat itu tubuh sudah memberikan tanda bahwa tubuh perlu asupan makanan. Keasaman dan gangguan pencernaan pun mulai terjadi dan hal ini berpengaruh terhadap kemungkinan munculnya penyakit yang lebih kompleks lainnya. Lapar sebenarnya merupakan tanda kesehatan yang baik, sehingga jika Anda lapar, makanlah! Anda perlu makan 5-6 kali sehari untuk memenuhi semua nutrisi bagi tubuh serta menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  4. Berpuasa

    Kita tidak pernah bertanya atau berpikir tentang organ pencernaan yang kita paksa untuk bekerja setiap tanpa istirahat. Mereka tidak akan protes, namun mereka member sinyal kepada kita bahwa mereka tidak dapat bekerja terus menerus. Untuk itu, memberikan waktu istirahat pada organ-organ pencernaan Anda adalah hal yang baik dan juga membantu untuk menghilangkan racun dari tubuh Anda.

  5. Bersihkan Diri Sebelum Tidur

    Sebagaimana disebutkan di atas, tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan. Jika Anda mencuci organ sensor dan motorik penting (tangan, lengan, mata, kaki, mulut dan kemaluan) sebelum tidur dengan menggunakan air dingin, ini akan membuat Anda santai dan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

  6. Meditasi

    Tubuh Anda seperti pikiran. Banyak penyakit jaman ini dipengaruhi oleh stres dan tekanan terhadap pikiran. Meditasi adalah latihan mental yang, salah satu diantaranya, memungkinkan Anda untuk melepaskan diri dari stres, kecemasan dan gangguan psikologis lain. Pelajari teknik yang sederhana dan lakukan secara teratur.

Tips-tips di atas hanya sebagian dari berbagai cara untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan panjang umur. Namun, ketika Anda mulai menerapkan keenam tips dasar dan sederhana tersebut, Anda pasti akan merasakan perubahan dalam tubuh Anda. Selamat mencoba!