7 Rasa Sakit yang Tidak Boleh Anda Remehkan

category: Health

Pernahkah tiba-tiba Anda merasakan sakit di bagian tubuh tertentu tetapi Anda tidak menghiraukannya dan menganggapnya biasa saja?

 7 Rasa Sakit yang Tidak Boleh Anda Remehkan

Nah, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai waspada dan berhati-hati, karena beberapa rasa sakit yang kerap terjadi di tubuh Anda bisa jadi adalah gejala awal dari penyakit mematikan. Berikut 7 di antaranya.

  1. Sakit Kepala
    Jangan menganggap remeh sakit kepala. “Jika Anda sedang mengalami demam, bisa jadi ini adalah sakit kepala sinus,” ungkap Sandra Fryhofer, MD, MACP, juru bicara American College of Physicians. “Bisa juga Anda mengalami gejala perdarahan otak atau tumor otak jika sakit kepala tersebut berlangsung lama dan semakin parah. Segera hubungi dokter dan periksakan diri Anda,” tambahnya.
  2. Rasa tidak nyaman pada Dada
    Rasa tidak nyaman atau nyeri di dada sering dikaitkan dengan gejala pneumonia (inflamasi paru-paru) atau bisa juga gejala penyakit jantung. Ketidaknyamanan yang berhubungan dengan penyakit jantung biasanya dirasakan di dada bagian kiri atas, menjalar hingga ke bahu kiri, lengan, dan bahkan disertai mual.

    Tanda-tanda ketidaknyamanan pada wanita biasanya lebih halus dan tidak kentara. “Gejala penyakit jantung dapat juga berupa ketidaknyaman di perut. Biasanya terjadi saat tubuh dalam kondisi lelah, dan banyak orang yang menganggapnya sebagai sakit perut biasa,” ujar Jerome Cohen, MD dari Saint Louis University School of Medicine.

  3. Nyeri Punggung Bagian Bawah
    Menurut Profesor Brangman dari SUNY Upstate Medical University di Syracuse, New York, nyeri punggung bagian bawah kerap dihubungkan dengan penyakit arhtritis. Namun bisa juga menjadi tanda awal serangan jantung dan gangguan kesehatan di perut.

    “Salah satu bahayanya adalah diseksi aorta (pecahnya pembuluh darah aorta). Ini dapat terjadi jika orang tersebut memiliki riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kebiasaan merokok,” tambah Brangman.

  4. Sakit Perut
    Sakit perut juga tidak bisa dianggap remeh. Mengingat di dalam perut terdapat organ-organ penting seperti lambung, kandung empedu, usus, liver, dan lainnya. Jika Anda mengalami sakit perut di sebelah kiri mungkin saja lambung Anda yang bermasalah. Namun, jika sakit tersebut sering muncul di perut sebelah kanan, bisa jadi liver dan kandung empedu Anda yang mengalami gangguan. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut.
  5. Nyeri di Betis
    Salah satu bahaya yang umumnya kurang disadari adalah Deep Vein Thrombosis (DVT), yaitu darah beku yang terdapat di pembuluh darah betis. Menurut Prof. Brangman, jika bekuan darah tersebut terlepas dan terbawa menuju paru (pulmonary embolism), maka bisa berujung pada kematian.
  6. Rasa Terbakar di Kaki
    Beberapa pasien diabetes tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut sebelum mengalami beberapa gejala seperti Peripheral neuropathy.

    Peripheral neuropathy adalah salah satu gejala awal diabetes. Peripheral neuropathy biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti terbakar dan ditusuk jarum pada bagian kaki dan tungkai. Gejala tersebut akan muncul jika terjadi kerusakan saraf.

  7. Rasa Sakit Samar atau tidak Terdeteksi Secara Medis
    Umumnya penderita depresi akan mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuhnya, demikian pendapat Thomas Wise, MD, seorang psikiater di Inova Faiefax Hospital. Penderita depresi biasanya menderita sakit kepala yang samar-samar, juga sakit perut, atau anggota tubuh lainnya.

    Kadang kombinasi rasa sakit muncul di beberapa bagian tubuh. Rasa sakitnya kronis tetapi tidak parah, maka umumnya diabaikan. Makin tinggi depresi Anda makin sulit pula Anda menggambarkan rasa sakit tersebut. “Rasa sakit itu walaupun tidak parah perlu ditangani sebelum menyebabkan perubahan-perubahan struktural di otak,” ujar Wise seperti dilansir webMD.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami beberapa gejala di atas berkepanjangan. Salam sehat. (dan)

BACA JUGA : 4 Minuman ‘Pembunuh’ Sperma