8 Tips Tidur Lebih Nyenyak dan Bangun Lebih Pagi

category: Health

tips tidur1 8 Tips Tidur Lebih Nyenyak dan Bangun Lebih Pagi

Apakah Anda mengalami gangguan tidur? Apakah Anda ingin tidur lebih awal dan lebih nyenyak kemudian bangun lebih pagi dan memulai hari dengan badan dan pikiran yang segar dan bersemangat? Untuk itu, cobalah tips berikut!

1. Buatlah Rutinitas Tidur
Mulailah tidur teratur pada jam yang sama dan berikan tubuh Anda waktu beristirahat dan bersantai, selama minimal 8 jam sebelum alarm Anda berdering kencang esok paginya. Mungkin Anda bisa mengawali tidur Anda dengan ritual seperti mandi air hangat, minum secangkir teh chamomile serta menyembunyikan tubuh Anda di bawah selimut sambil membaca atau menulis buku harian.

2. Matikan TV dan Komputer
Televisi dan internet akan membuat kita tidur lebih larut. Jadi jangan menonton TV di tempat tidur dan berhentilah surfing di internet jauh sebelum jam tidur Anda tiba.

3. Stop Kafein Jauh Sebelum Jam Tidur Anda
Jika Anda suka minum kopi, gantikan kopi Anda ke kopi decaffeinate dan konsumsilah maksimal jam 4 sore atau sebelumnya.

4. Konsumsi Snack Sebelum Tidur
Makan berat sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda dan membuat lebih sulit bagi Anda untuk bangun di pagi hari. Konsumsi snack malam Anda dengan menu ringan seperti susu hangat, buah dan salad atau sup sayuran.

5. Buka Tirai
Salah satu cara paling efektif untuk segera bangkit dari tempat tidur adalah dengan membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar Anda. Alasan praktis dari hal ini adalah sulit untuk tidur dengan silaunya mata Anda akibat sinar matahari.

6. Kenali Motivasi Anda
Apakah Anda ingin datang ke tempat kerja tanpa terlambat lagi? Apakah Anda ingin memiliki waktu untuk mencatat daftar belanjaan di pagi hari sebelum anak-anak Anda bangun? Pikirkan tentang motivasi Anda untuk bangun lebih awal dan tuliskan alasannya.

7. Buatlah Janji di Pagi Hari
Jadwalkan latihan di gym, bertemu teman ataupun periksa gigi di pagi hari. Hal ini membuat Anda wajib bangun lebih awal tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang lain karena Anda harus bertanggung jawab pada jadwal janji Anda.

8. Berikan Diri Anda Insentif
Jika Anda adalah tipe orang yang menanggapi positif terhadap imbalan untuk setiap pekerjaan yang dilakukan, maka ini sangat penting. Hal ini sangat sederhana tapi setelah Anda berusaha keras untuk bangun dari tempat tidur yang nyaman lebih awal dari biasanya, beri sedikit hadiah untuk diri Anda.

Jadi, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi bukanlah sesuatu hal yang sulit bukan? Lakukan tips di atas dan berhentilah menjadi “burung hantu” dan beralihlah menjadi “ayam jantan” yang siap berkokok di pagi hari!