Cegah Kaki Anda dari Bunion

category: Health

Bunion adalah sebuah kelainan bentuk tulang kaki yang umum terjadi, bahkan yang paling sering ditemui oleh podiatris (ahli penyakit kaki). Meskipun demikian, banyak kesalahpahaman yang terkait dengan kelainan ini. Banyak orang yang sebenarnya tidak perlu menunggu bertahun-tahun merasakan sakit akibat kelainan ini sebelum mencari pengobatan, dengan cara mengenali gejalanya dan mengatasinya dengan tepat.

 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Apa Itu Bunion?
Bunion (disebut juga sebagai ‘ hallux valgus ‘ atau ‘hallux abducto valgus’) adalah sebuah benjolan di sisi sendi tulang ibu jari kaki. Benjolan ini berkembang ketika persendian ibu jari kaki melebar dan berbelok ke arah jari telunjuk. Tetapi bunion lebih dari itu. Bunion sebenarnya mencerminkan perubahan dalam kerangka tulang dan integritas persendian dari sendi ibu jari kaki (sendi metatarsophalangeal pertama). Dengan bunion, maka hallux (ibu jari kaki) menyimpang terhadap jari kaki lain yang lebih rendah dan metatarsal pertama (tulang di mana ibu jari kaki terhubung) bergerak ke arah pusat tubuh.

Bunion adalah sebuah gangguan yang progresif. Dimulai dengan ibu jari kaki yang sedikit miring, secara bertahap mengubah sudut tulang, selama bertahun-tahun dan perlahan-lahan akan menghasilkan benjolan, yang menjadi semakin menonjol. Akhirnya ini menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri. Kulit di atas benjolan dapat menjadi merah dan melepuh, dan sebuah kantong berisi cairan (disebut bursa) bisa berkembang di bawah kulit di sisi sendi, sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat seiring dengan terjadinya peradangan. Ini dikenal dengan istilah bursitis.

Adanya bunion juga dapat membuat Anda lebih sulit menemukan sepatu yang pas. Bunion dapat memaksa Anda untuk membeli sepatu dengan ukuran yang lebih besar karena terjadi penambahan lebar kaki akibat adanya bunion. Ketika deformitas (kelainan bentuk) akibat bunion menjadi cukup parah, rasa sakit pada kaki bisa timbul tidak hanya pada bunion, tetapi pada tempat lainnya, karena bunion mengganggu biomekanik normal kaki. Ini akan mengubah pusat normal dari jalur gravitasi kaki dan memberikan tekanan ekstra pada struktur kaki yang tidak seharusnya mendapatkan penambahan tekanan yang besar.

 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Jika Anda memiliki bunion, Anda mungkin mengalami:

  • Nyeri atau kekakuan sendi ibu jari kaki
  • Pembengkakan pada sendi ibu jari kaki
  • Kesulitan berjalan
  • Kesulitan mencari sepatu yang pas

Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda menemui podiatris.

 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Penyebab
Bunion paling sering disebabkan oleh kelainan mekanis kaki yang diwariskan (keturunan). Bukan bunion itu sendiri yang diwariskan, meskipun mitos yang populer berkembang menyebutkan demikian. Jika bunion diwariskan, Anda akan dilahirkan dengan sendi ibu jari kaki Anda dalam posisi itu. Apa yang menyebabkan bunion adalah tipe kaki tertentu yang membuat seseorang rentan untuk mengalami perkembangan deformitas yang berujung pada terbentuknya bunion. Mengenakan sepatu yang sesak bisa membuat deformitas semakin buruk.

Ada banyak alasan mengapa kelainan ini terjadi. Penyebabnya antara lain:

  • Faktor herediter atau keturunan
  • Sepatu yang biasa dipakai
  • Tipe kaki
  • Faktor biomekanis (pronasi)
  • Disfungsi neuromuskuler
  • Hipermobilitas / kelemahan ligamen

Faktor penyebab yang paling umum adalah mewarisi tipe kaki dari keluarga yang rentan terhadap terjadinya bunion. Telapak kaki yang terlalu datar juga memiliki insiden yang lebih tinggi terhadap terbentuknya bunion.

Akibat adanya perubahan posisi yang dialami oleh hallux (ibu jari kaki), umumnya terjadi rasa sakit. Dengan berkembangnya struktur kaki melalui aktivitas berjalan, maka hallux memainkan peran integral selama gerakan mendorong tubuh ke depan untuk melangkah. Sendi ibu jari kaki menerima banyak beban dan tekanan selama proses ini berlangsung. Ketika mekanisme normal terganggu karena posisi sendi berubah, beban normal sendi terpengaruh. Dengan demikian, mudah untuk melihat bagaimana perubahan ini akan menyebabkan penyempitan sendi sendi dan degenerasi dini dari sendi tulang rawan normal.

 Cegah Kaki Anda dari Bunion

 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Gambar 2: Peta tekanan menunjukkan sendi ibu jari kaki memutar dan terdorong keluar pada sisi kaki. Tekanan tertinggi terjadi di sekitar daerah bunion dan memiliki potensi untuk menjadi lebih buruk.

Seperti pada banyak kondisi lain, penting untuk memahami apa yang menyebabkan kelainan ini, dan pada tingkat apa degenerasi telah terjadi. Bunion memiliki 4 tahap penting dan mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk bergerak dari satu tahap ke tahap lainnya. Setiap tahap memberikan indikasi pada tingkat apa degenerasi muncul. Riwayat dan pemeriksaan menyeluruh dari masalah yang dialami sangatlah diperlukan, serta dengan menentukan apa yang mungkin menyebabkan bunion dan apa yang bisa mempercepat perkembangannya.

Gejala
Gejala yang terjadi di lokasi bunion, bisa meliputi:

  • Sakit atau nyeri
  • Peradangan dan kemerahan
  • Sensasi terbakar
  • Kemungkinan mati rasa

Gejala paling sering terjadi ketika memakai sepatu yang membuat jari-jari kaki berdesakan, seperti sepatu yang sesak atau sepatu hak tinggi. Ini mungkin menjelaskan mengapa wanita lebih cenderung memiliki gejala tersebut daripada pria. Selain itu, menghabiskan waktu yang lama dengan berdiri juga dapat memperburuk gejala bunion.

 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Diagnosa
Bunion mudah terlihat dengan jelas. Tonjolan terlihat di dasar ibu jari kaki atau samping kaki. Namun, karena ada 4 tahapan yang berbeda untuk kondisi tersebut, pemeriksaan dengan X-ray dapat dilakukan untuk menentukan derajat deformitas dan menilai tingkat perubahan degeneratif yang telah terjadi.

Bunion adalah gangguan progresif. Bunion TIDAK BISA HILANG dan secara bertahap akan menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Tapi tidak semua kasus adalah sama, beberapa kasus menunjukkan adanya perkembangan bunion yang lebih cepat daripada yang lain. Setelah podiatris mengevaluasi bunion Anda, rencana perawatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan derajat bunion Anda.

Pengobatan
Ada dua cara untuk mengobati bunion, yaitu konservatif dan pembedahan.

Non-Bedah
Pengobatan konservatif adalah langkah pertama dalam pengobatan dan harus selalu menjadi pilihan pertama sebelum operasi. Untuk mengurangi kemungkinan kerusakan pada sendi ibu jari kaki, evaluasi berkala dan pemeriksaan X-ray sangat disarankan. Selain itu, untuk menghambat perkembangan dan mencegah kerusakan lebih lanjut, setiap penderita bunion disarankan untuk menjalani pengobatan. Semakin awal bunion diobati, semakin baik keberhasilan pengobatan bunion Anda. Perlu diingat bahwa pengobatan konservatif TIDAK BISA membalikkan deformitas. Pengobatan konservatif hanya dapat membantu untuk menunda perkembangan bunion dan mengurangi gejala. Perawatan awal bertujuan untuk mencapai beberapa fungsi:

  • Mengurangi rasa sakit bunion (jika bunion terlihat)
  • Mengurangi faktor-faktor penyebab
  • Mencegah degenerasi lebih lanjut
  • Mengurangi gejala
  • Membantu agar sendi ibu jari kaki berfungsi normal
  • Memperbaiki aliran tekanan melalui kaki
  • Membantu kaki lebih efesien untuk berinteraksi secara biomekanis dengan tanah

Pengobatan bisa terdiri dari:

  • Night splint untuk menyelaraskan kaki dengan benar
  • Terapi orthotic yang membantu meluruskan kaki kembali. Dengan bantuan orthotic, membantu mencegah degenerasi lebih lanjut dan / atau mengurangi gejala bunion
  • Debridement atau pembersihan dari corn dan callus (kapalan) yang muncul karena perubahan tekanan kaki
  • Perubahan sepatu yang digunakan. Memakai sepatu yang tepat sangat penting. Pilih sepatu yang lebar sehingga memberikan ruangan yang lebar untuk kaki, dan jangan lagi memilih sepatu yang dengan ujung yang lancip ataupun sepatu hak tinggi, yang dapat memperburuk kondisi.
  • Padding. Bantalan yang ditempatkan di atas area bunion dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  • Perubahan aktivitas. Hindari aktivitas yang menyebabkan rasa sakit pada bunion, termasuk berdiri untuk jangka waktu yang lama.
  • Obat-obatan. Obat-obatan anti-inflamasi non-steroid oral atau topikal bisa disarankan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Kompres es. Memberikan kompres es beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.
  • Kortikosteriod. Meskipun jarang digunakan dalam pengobatan bunion, suntikan kortikosteroid mungkin bermanfaat dalam mengobati radang bursa (kantong berisi cairan yang terletak di sekitar sendi) yang kadang-kadang muncul bersama bunion.

Kapan Bedah Diperlukan?
Jika perawatan non-bedah gagal untuk menghilangkan rasa sakit bunion dan ketika rasa sakit bunion mengganggu aktivitas hidup sehari-hari, pilihan operasi oleh seorang ahli bedah kaki dan pergelangan kaki harus dipertimbangkan. Ada banyak prosedur bedah yang tersedia untuk mengobati bunion. Prosedur ini dirancang untuk:

  • Membuang “benjolan” pada sisi sendi ibu jari kaki
  • Memperbaiki perubahan struktur tulang kaki
  • Memperbaiki adaptasi jaringan lunak yang telah terjadi
  • Pengurangan rasa sakit

Dalam memilih prosedur atau kombinasi prosedur untuk kasus tertentu, dokter bedah kaki dan pergelangan kaki akan mempertimbangkan sejauh mana deformitas yang terjadi berdasarkan hasil X-ray, umur, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya. Lamanya periode pemulihan akan bervariasi, tergantung pada prosedur yang dilakukan.

Pra Bedah
 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Pasca Bedah
 Cegah Kaki Anda dari Bunion

Anda Dapat Berkonsultasi dengan Matthew Herd di Account SixReps-nya