Gagal Ginjal, Kenali Penyebab Dan Pencegahannya (Bagian 2)

category: Health

Ginjal adalah organ ekskresi yang berbentuk seperti kacang. Organ ini berfungsi menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Seperti yang telah kita bahas dalam artikel “Gagal Ginjal, Kenali Penyebab Dan Pencegahannya (Bagian 1)”, bahwa jika terjadi kelainan di mana fungsi ginjal menurun secara cepat dan tidak menjalankan fungsinya dengan baik, maka inilah yang disebut sebagai gagal ginjal.

Rokok dengan kandungan nikotinnya dalam jangka waktu lama akan merusak organ-organ penting tubuh, termasuk ginjal Anda!

Sebenarnya gagal ginjal bisa dicegah sejak dini. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau minimal menunda terjadinya gagal ginjal, di antaranya:

  • Rajin Berolahraga. Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Olah raga yang teratur berguna untuk menjaga aliran darah tetap lancar dan menjaga kadar gula darah tubuh tetap stabil. Tingginya gula darah adalah faktor risiko terjadinya gagal ginjal.
  • Berhenti Merokok. Dilihat dari sudah pandang manapun merokok akan selalu merugikan kesehatan Anda. Rokok dengan kandungan nikotinnya dalam jangka waktu lama akan merusak organ-organ penting tubuh Anda, baik paru-paru, kulit, jantung maupun ginjal.
  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dari Serangan Berbagai Penyakit Di Sini!

  • Kurangi Makanan Berlemak. Makanan berlemak akan menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah Anda meningkat. Tingginya kolesterol berkaitan dengan risiko tekanan darah tinggi atau stroke yang dapat memicu gagal ginjal.
  • Jaga Berat Badan. Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi faktor meningkatnya risiko gagal ginjal. Jaga berat badan Anda agar terhindar dari gagal ginjal.
  • Konsumsi Air Putih. Mengonsumsi air putih yang cukup, 8-9 gelas atau 2 liter air minum setiap hari akan membantu Anda menurunkan risiko gagal ginjal. Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter. Pemakaian obat-obatan yang tidak sesuai petunjuk dokter juga berpotensi merusak organ ginjal.
  • General Checkup. Gagal ginjal juga dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan (medical checkup) secara rutin, termasuk pemeriksaan urin dan darah. Memeriksakan gangguan ginjal seperti kencing batu, prostat dapat mencegah munculnya gagal ginjal.

Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Tanamkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang agar Anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti gagal ginjal. Semoga bermanfaat.