Makanan untuk Menjaga Paru-paru Anda Tetap Sehat

category: Health

Makanan sehat untuk paru paru sehat 2 Makanan untuk Menjaga Paru paru Anda Tetap Sehat

Kemarin dr. Jefrry telah membahas mengenai seluk beluk salah satu penyakit saluran pernafasan, yaitu asma. Nah, kali ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara untuk menjaga paru-paru Anda tetap sehat melalui pola makan yang sehat.

Untuk menjaga paru-paru tetap sehat, saran yang sering kita dengar adalah menghindari kebiasaan merokok. Selain merugikan diri sendiri, merokok juga merugikan kesehatan orang lain yang terkena polusi asap rokok (perokok pasif). Nah, selain itu, ada juga beberapa makanan sehat dan bergizi yang sangat bermanfaat untuk menjaga paru-paru sehat, memastikan sistem pernafasan berfungsi dengan baik, dan juga untuk membantu mengurangi risiko penyakit terkait paru-paru.

Sebuah penelitian di University of Southampton, Inggris, menyebutkan bahwa diet yang kaya akan buah-buahan dan sayuran berpotensi menjadi pelindung terhadap perkembangan penyakit paru-paru obstruktif kronik. Peserta penelitian tersebut adalah 266 perokok yang mengisap sekitar 20 batang rokok/hari selama 10 tahun. Fakta yang ditemukan adalah, satu sendok makan sayuran per hari, atau satu potongan buah per hari, dapat membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit tersebut.

Makanan Apa Saja?

Apel dan tomat
Apel dan tomat memiliki potentsi terbesar untuk melindungi paru-paru Anda dari polutan asap tembakau dan racun udara lainnya. Kedua “superfood” ini mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi mengi, dan membantu penderita asma bernapas lebih mudah.

Sayuran
Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran kaya nutrisi minimal lima porsi sehari. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan kesehatan paru-paru secara khusus dan kesehatan tubuh secara umum.

Sereal dan roti gandum
Sereal dan roti gandum serta produk lain yang tinggi serat berpotensi memiliki kemampuan menjaga kesehatan paru-paru.

Sushi ikan
Menurut penelitian di Jepang, orang yang gemar makan ikan segar (terutama sushi) cenderung memiliki paru-paru yang sehat.

Kedelai
Produk-produk berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai juga diakui bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

Konsumsi vitamin A, C, dan E
Calcitriol, bentuk vitamin D-3 yang disintesis dalam tubuh merupakan sebuah anti inflamasi yang dapat melindungi fungsi paru-paru. Vitamin A membantu menyembuhkan gangguan paru-paru, konsumsi wortel merupakan sumber terbaik vitamin A. Suplementasi Vitamin C dan E jika Anda sulit mendapatkan lima porsi buah dan sayuran dalam sehari.

Fakta bahwa nutrisi dan vitamin dapat meningkatkan kesehatan paru-paru memang tidak dapat disangkal. Tapi Anda juga berperan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Gunakan juga masker di tempat tertentu yang memiliki kadar debu tinggi. Hirup udara segar setiap hari. Sayangi diri Anda. Keep healthy!

BACA JUGA : Kanker Paru. Kenali & Jauhi Faktor Penyebabnya