Minumlah Susu Agar Tidak Cepat Pikun!

category: Health

 Minumlah Susu Agar Tidak Cepat Pikun!
Seperti kita ketahui, susu bisa membantu pertumbuhan tulang, mencegah osteoporosis, membantu menjaga berat badan, dan masih banyak lagi manfaat kesehatan lain dengan minum susu. Tapi pernahkah Anda mendengar bahwa susu juga bisa membantu mencegah pikun?

Sebuah penelitian di University of Oxford, menyatakan bahwa, susu memiliki kandungan B12 yang tinggi, yang sangat berperan penting membantu menjaga kesehatan otak Anda. Seseorang yang kekurangan vitamin B12 berisiko menderita atrofi otak, penyakit di mana volume otak mengerut/mengecil. Penyakit ini biasa dikaitkan dengan penyakit demensia.

Demensia adalah keadaan di mana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya pikir. Biasanya terjadi pada orang tua dan lanjut usia, tapi tidak menutup kemungkinan bisa menyerang orang dewasa bahkan anak muda. Pikun merupakan gejala umum demensia, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik.

Bagaimana Susu Melindungi Otak Anda?
Sel-sel saraf di tubuh kita (termasuk otak) terbungkus dan dilindungi oleh materi yang disebut myelin. Hal ini penting untuk membantu berfungsinya sistem saraf dengan optimal. Jika ‘bungkus’ sel saraf tersebut rusak, maka sel saraf akan mengalami penurunan aktivitas dan mati, seperti yang terjadi pada penderita demensia. Kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam susu, salah satunya vitamin B12, dapat membantu mencegah kerusakan ‘bungkus’ sel saraf ini dan bahkan memperbaikinya.

Kenapa Harus Susu?
Susu memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi dan dapat diproses dengan mudah oleh tubuh Anda. Seperti halnya susu, kandungan vitamin B12 dan protein tinggi juga terdapat pada daging dan ikan. Asam lambung diperlukan untuk melarutkan protein sehingga membutuhkan lebih banyak asam pada proses pencernaan dan pelepasan protein dari daging dan ikan. Hal ini terutama berpengaruh pada orang lanjut usia karena level asam lambung mereka telah jauh menurun.

Oleh karena itu konsumsi susu lebih direkomendasikan dari pada daging dan ikan. Bagi Anda yang masih muda pun, susu juga sangat disarankan. Selain lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, susu juga memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi.

Mulai sekarang, konsumsilah 2 gelas susu per hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda dan mencegah Anda dari pikun di kemudian hari.