Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

category: Health

Telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan kaki datar atau flat feet adalah salah satu kondisi yang paling umum ditemui oleh podiatris, yang dialami oleh sekitar 20 sampai 30% dari populasi di dunia. Flat feet, disebut juga pes planus atau fallen arches, mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki rata atau datar. Seluruh bagian telapak kaki menempel atau hampir menempel pada tanah.

 Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

 Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Normalnya, harus ada ruang antara kaki dengan tanah. Namun pada beberapa orang, lengkungan telapak kaki ini tidak pernah ada, sedangkan beberapa orang lainnya memiliki lengkungan ketika kaki mereka tidak menyentuh tanah tetapi menghilang ketika mereka berdiri, dan pada orang lainnya telapak kaki datar berkembang seiring dengan bertambahnya usia mereka (baik pada satu kaki atau kedua kaki).

 Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Peran lengkungan kaki atau “kaki normal” adalah untuk menciptakan keselarasan yang optimal bagi anggota tubuh bagian bawah, panggul, dan punggung bawah. Memiliki “lengkungan normal” memungkinkan distribusi tekanandan berat badan ke seluruh permukaan kaki dan merata ke atas melalui tungkai. Ketidakmampuan tubuh kita untuk menjaga lengkungan kaki akan mengarah pada postur tubuh yang kurang baik, tidak hanya kaki, tapi seluruh tubuh. Biasanya, semakin datar telapak kaki seseorang, maka yang semakin serius terkena dampaknya adalah postur tubuh seseorang.

Ada beberapa tipe kaki datar, antara lain:

  1. Kaki Datar Fleksibel (Flexible Flat Feet)
    Ini adalah tipe kaki datar yang paling umum. Kaki mungkin tampak datar ketika dalam posisi menahan berat seperti berdiri, namun, ketika seseorang berdiri pada ujung kakinya maka lengkungan kaki akan terbentuk kembali atau jika seseorang tersebut menarik kembali ibu jari kakinya dan mengangkatnya dari atas tanah, maka lengkungan juga akan terbentuk kembali.

     Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

    Kondisi ini muncul akibat kelemahan yang berlebihan dari kapsul sendi dan ligamen yang menopang sendi kaki, yang memungkinkan lengkungan kaki untuk turun ketika diberi beban. Meskipun kondisi ini bisa terjadi tanpa menimbulkan rasa sakit, lama kelamaan karena meningkatnya tekanan yang diberikan pada sendi-sendi dan jaringan lunak, rasa sakit dapat berkembang karena cedera berlebihan, degenerasi sendi, dan peningkatan tekanan. Rasa sakit tidak hanya terjadi di kaki Anda, tapi juga pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan punggung. Ketika kita masih muda, tubuh kita lebih kuat dan lebih mampu memperbaiki kerusakan dan degenerasi yang terjadi. Namun, seiring dengan bertambahnya usia kemampuan tubuh untuk memperbaiki akan melambat secara drastis. Selain itu, ketika usia kita bertambah maka kita dapat mengalami kenaikan berat badan, yang meningkatkan tekanan pada jaringan lebih besar lagi. Karena tubuh tidak mampu memperbaiki dirinya sendiri dengan cukup cepat, hasilnya adalah rasa sakit yang kronis. Ketidakseimbangan otot juga berkembang karena aktivitas ekstra dari beberapa otot yang dipaksa untuk bekerja dan kurangnya otot-otot lain untuk bekerja.

  2. Kaki Datar Kaku (Rigid Flat Feet)
    Kondisi ini dapat berkembang pada orang dewasa sebagai perkembangan dari kaki datar fleksibel. Karena sendi mengalami rematik maka sendi pun berkembang menjadi kaki datar yang kaku. Rigid flat feet adalah tipe kaki datar yang paling langka dan merupakan sebuah temuan yang signifikan. Dalam kondisi ini, seseorang tidak memiliki lengkungan sama sekali, baik ketika dalam posisi menahan beban ataupun tidak. Kondisi ini mungkin menandakan adanya kelainan tulang, kelainan genetik sejak lahir, kondisi neurologis, ketidakseimbangan otot, penggabungan sendi (di mana dua tulang menyatu) atau cedera otot (terkait trauma atau penggunaan otot berlebihan). Rigid flat feet menimbulkan kaku yang sangat tidak fleksibel.

Perawatan Bagi Telapak Kaki Datar (Flat Feet)
Perawatan dan pengobatan telapak kaki datar berbeda-beda tergantung pada penyebabnya.

  1. Orthotic
  2. Latihan untuk memperkuat otot-otot kaki
  3. Alas kaki korektif
  4. Rehabilitasi
  5. Obat untuk membantu mengatasi peradangan
  6. Modifikasi aktivitas
  7. Penurunan berat badan
  8. Intervensi bedah (sebagian besar untuk kondisi rigid flat feet)

Terapi Orthotic
Foot orthotic fungsional adalah perangkat medis yang terbuat dari cetakan kaki tanpa diberi beban (plester gips) atau scan 3D kaki Anda. Alat ini dirancang untuk mengontrol penyelarasan dan fungsi kaki dan anggota tubuh bagian bawah dan digunakan untuk membatasi gerakan seperti pronasi berlebihan.

Orthotic tidak hanya bekerja dengan prinsip untuk menopang lengkungan. Orthotic juga meluruskan kembali struktur kaki dan kaki untuk mencegah kelainan struktur tulang serta otot, tendon, dan kelelahan ligamen. Penting untuk memastikan alat ini berfungsi dengan baik untuk memfasilitasi fungsi kaki. Alat ini bekerja untuk meningkatkan efisiensi biomekanisme dalam interaksi antara kaki dengan tanah. Orthotic dirancang dengan standar yang tepat, menggunakan teknologi terbaru dalam biomekanik dan dibuat khusus untuk kaki Anda, berdasarkan biomekanik dan morfologi kaki Anda.

Perangkat ini bertujuan untuk mengontrol gerakan sendi dengan tepat, memfasilitasi dan meningkatkan gerakan pada sendi tertentu sementara membatasi gerakan sendi yang lain, dengan tujuan keseluruhan untuk mempersiapkan kaki untuk keselarasan kaki yang optimal dan memfungsikan setiap tahap dari siklus berjalan. Keselarasan kaki yang optimal juga akan membantu terciptanya keselarasan tubuh bagian bawah dan panggul yang tepat.

Dengan berpijaknya kaki Anda pada orthotic yang didesain dengan tepat, maka akan dengan mudah dan konsisten membantu posisi yang benar (atau setidaknya posisi yang lebih baik) untuk berjalan, berlari, dan berdiri. Karena kaki Anda sekarang berfungsi lebih efisien, rasa sakit akibat ketegangan otot dan titik tekanan pun akan teratasi, dan perkembangan deformitas dapat ditunda atau dihentikan.

 Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

 Perawatan Tepat Bagi Anda yang Memiliki Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Anda Dapat Berkonsultasi dengan Matthew Herd di Account SixReps-nya