Perubahan Kecil untuk Mengatasi Insomnia

category: Health

 Perubahan Kecil untuk Mengatasi InsomniaInsomnia berarti suatu keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak sehingga tetap terjaga. Rata-rata setiap orang pada semua golongan usia pernah mengalami insomnia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress, kegelisahan atau rutinitas yang tidak beraturan. Jika Anda mengalami insomnia selama beberapa minggu sampai beberapa bulan, itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tetapi, kabar baiknya adalah bahwa Anda bisa meningkatkan kualitas tidur dengan membuat perubahan kecil pada lifestyle Anda. 

Banyak hal yang bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Sebagai contoh: apa, kapan, dan berapa banyak Anda makan dan minum ternyata mempengaruhi tidur Anda. Makan dalam porsi besar tepat sebelum tidur dapat membuat Anda lebih susah untuk tidur. Sebaliknya, snack ringan malah bisa membantu Anda untuk tidur. Selain itu, kebiasaan olahraga dan lingkungan tempat tidur Anda juga mempengaruhi kualitas tidur Anda. Berikut ini beberapa perubahan kecil yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau menghindari insomnia:

1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan berolah raga, kesehatan Anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur.

2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan Anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur Anda.

3. Buatlah lingkungan tempat tidur Anda nyaman. Pastikan Anda nyaman dengan ruangan tidur Anda, misalnya dengan mematikan lampu atau benda lain yang menimbulkan suara. Jauhkan jam meja dari pandangan Anda karena benda itu dapat membuat Anda cemas karena belum dapat terlelap sementara waktu kian larut.

4. Kurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok.

5. Makananlah makanan ringan yang rendah karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

7. Hentikan menonton TV, membaca buku, paling tidak sejam sebelum tidur.

8. Gunakanlah tempat tidur Anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat Anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh Anda menjadi lebih santai.

10. Jernihkan pikiran Anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran Anda.

11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur Anda selanjutnya.

12. Cobalah memakai suplemen yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Salah satu produk Ultimate Nutrition, yaitu Melatonin, adalah suplemen yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan membantu tidur Anda, karena melatonin adalah hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengembalikan jam tidur biologis Anda.

Ingatlah bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Insomnia bukanlah penyakit bawaan, sehingga akan mudah disembuhkan. Jika Anda telah mencoba melakukan langkah-langkah di atas selama dua minggu namun belum berhasil mengatasi masalah tidur, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mencari jalan keluarnya.