Tidur, Salah Satu Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

category: Health

Banyak cara yang kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menghindari penyakit flu. Selain perlu mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang lengkap, kita juga membutuhkan tidur yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal The Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa kurang tidur terkait dengan kerentanan terjangkit flu. Studi ini mengamati 153 pria dan wanita selama 2 minggu untuk mengetahui kualitas dan durasi tidur mereka. Kemudian responden tersebut dikarantina dan dipapar virus flu selama 5 hari. Ternyata mereka yang tidur kurang dari 7 jam tiap malam 3 kali lebih rentan terkena flu dibanding dengan mereka yang tidur rata-rata 8 jam.

Menurut sebuah penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Evolutionary Biology, tidur nyenyak membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai infeksi parasit. Penelitian Brian Preston dari Max Planck Institute di Leipzig, Jerman ini membandingkan daya tahan tubuh mamalia terhadap infeksi parasit berdasarkan lama tidurnya. Dan hasilnya ternyata spesies mamalia yang tidur lebih lama memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena infeksi ini, dikarenakan tidur membantu mengembalikan daya tahan tubuh yang melemah akibat aktivitas sehari-hari.

Jadi, tidur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dan dapat disimpulkan bahwa rahasia untuk tetap sehat adalah pola makan yang baik, berolahraga teratur, serta beristirahat yang cukup dan tetap rileks.