Yoga: Kenali Manfaat dan Risikonya

category: Health

Yoga adalah suatu jenis bentuk exercise yang telah dikenal sejak 3000 tahun SM dan saat ini sudah menjadi tren hidup bagi banyak orang.

Yoga Kenali Manfaat dan Risikonya Yoga: Kenali Manfaat dan Risikonya
Latihan Yoga sebagian besar mengutamakan pada latihan fisik untuk melatih kelenturan otot, namun juga melatih pernafasan dan meditasi serta relaksasi. Melatih Yoga akan memberikan mafaat yaitu meningkatkan kelenturan, kekuatan dan keseimbangan tubuh.

Apa saja manfaat Yoga?
Yoga meningkatkan fleksibilitas sendi. Gerakan yoga meliputi regangan pada otot, sendi, jaringan ligament dan sekitarnya. Hal ini bekerja secara simultan dan relative aman pada semua hampir semua golongan umur. Bentuk latihan yoga yang lebih agresif disebut sebagai ashtanga yang melatih kekuatan otot. Latihan ini dapat menguatkan postur tubuh serta mengurangi gejala nyeri pinggang. Serta memperkuat otot perut.

Manfaat lain yoga adalah meningkatkan kapasitas kerja paru-paru yang pada akhirnya meningkatkan stamina saat melakukan olahraga lainnya. Hal ini disebabkan karena dalam latihan yoga terdapat latihan berupa pernafasan dalam dan relaksasi tubuh serta pikiran.
Dapatkan Tubuh Langsing Bebas Lemak Di Sini!
Walau yoga dapat disebut sebagai suatu bentuk latihan yang aman, namun bukan berarti tanpa risiko. Menurut laporan dari Amerika, cukup banyak cedera yang terjadi saat melakukan Yoga, antara lain cedera leher, bahu , betis hingga tulang belakang. Juga posisi badan tertentu dapat meningkatkan risiko kejadian pengeroposan tulang, tekanan darah tinggi dan dapat membahayakan kehamilan

Tips sebelum berlatih yoga

  • Pada orang hamil, konsultasikan pada dokter keluarga anda sebelum memulai kelas yoga agar dapat ditentukan batasan keamanan untuk anda.
  • Jangan berlatih yoga tanpa bantuan instruktur yang baik
  • Ketahuilah batas kemampuan tubuh anda dan jangan memaksa untuk berlatih secara berlebihan
  • Mulailah berlatih secara perlahan dan dari dasar. Pelajari cara menjaga keseimbangan tubuh sebelum berlatih untuk meningkatkan kelenturan badan.
  • Jangan lupa untuk pemanasan
  • Gunakan baju latihan yang nyaman bagi tubuh anda
  • Rasakan tubuh anda sendiri. Jika terasa sakit atau nyeri pada bagian tertentu, hentikan latihan dan konsultasikan pada dokter anda.