Banana Cake with Whey Protein and Almond

Lihat kandungan gizi almond yuk. Almond atau kacang almond sebenarnya adalah biji buah almond yang berasal dari pohon almond yang memiliki nama latin Prunus dulcis. Pohon almond adalah pohon asli dari Timur Tengah dan Asia Selatan.

 Banana Cake with Whey Protein and Almond

Buah almond disebut drupe bukan kacang (nut), sedangkan biji almond yang sering kita konsumsi berada di dalam drupe. Dalam ilmu botani, drupe adalah buah yang memiliki kulit keras yang menutupi daging buah dan biji di dalamnya, sehingga terlihat seperti kacang (nut). Sebutan almond sendiri berasal dari bahasa Perancis kuno, almande atau alemande.

Dalam kuliner, almond dapat dikonsumsi langsung dalam bentuk bentuk mentah atau yang dipanggang terlebih dahulu. Almond tersedia di pasaran dalam berbagai bentuk seperti almond utuh, bentuk irisan (sliced), mentega almond, susu almond, minyak almond, sirup almond, dan tepung almond. Semua ini dapat digunakan untuk berbagai makanan yang bercitarasa manis dan gurih. Tepung almond dapat digunakan sebagai alternatif tepung bebas gluten untuk menggantikan tepung gandum.

Dari segi nutrisi, almond mengandung karbohidrat sebanyak 21,7 g (12,2 g serat pangan, 3,9 g gula, dan 0,7 pati), protein 21,2 g, dan lemak 49,4 g, dalam 100 g almond. Protein almond termasuk protein yang berkualitas sedang dengan nilai skor asam aminonya sebesar 54. Lemak almond termasuk lemak yang berkualitas baik karena terdiri dari 87% asam lemak tak jenuh, 8% asam lemak jenuh, dan 0% trans fat. Lemak dalam almond memiliki titik asap yang tinggi yaitu 216 derajat Celcius sehingga cukup tahan dari kerusakan pada penggunaan dibawah suhu tersebut.

Almond memiliki nilai indeks glikemik 0, dan menurut website George Mateljan Foundation WHFoods mengkonsumsi almond dengan makanan yang memiliki nilai GI yang tinggi dapat menurunkan total nilai GI makanan tersebut. Sehingga jika kita mengkonsumsi almond dalam jumlah tertentu dalam makanan kita sehari-hari maka dapat berfungsi dalam mengatur level gula darah dan mengurangi resiko terjadinya resistensi insulin.

Manfaat lain dari almond yaitu terkait kandungan asam lemak tak jenuhnya. Suatu penelitian yang berjudul “Combined effects of dietary portfolio of plant sterol, vegetable protein, viscous fibre and almond on LDL particle size” yang dimuat di British Journal of Nutrition (Oct. 2004) menyimpulkan bahwa menambahkan almond dalam makanan yang sehat mempunyai manfaat positif dalam menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah termasuk LDL Pattern B yang berperan menyebabkan penyakit jantung koroner. Penelitian ini dilakukan pada 12 pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dan efek penurunan LDL mulai terlihat hanya dalam waktu 2 minggu.

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, almond juga memiliki fungsi untuk proteksi terhadap diabetes dan penyakit kardiovaskular seperti yang disimpulkan dari penelitian Jenkins, dkk yang dimuat di Journal of Nutrition (Des. 2006), dan penelitian Josse, dkk yang dimuat di Metabolism (Mar. 2007).

Lemak baik yang terdapat pada almond juga membantu untuk menurunkan berat badan dan menurunkan resiko peningkatan berat badan. Suatu penelitian yang dilakukan pada 43 pria dan 38 wanita selama 6 bulan yang diperintahkan mengkonsumsi almond sebanyak 56,8 g (2 oz atau ¼ cup) per hari menunjukkan perubahan yang positif pada akhir penelitian (British Journal of Nutrition Sep. 2004). Begitu banyaknya manfaat dari almond, yuk kita bikin cake pisang dengan whey protein dan almond. Yummy….

Untuk 16 potong
Bahan

½ cup (70 g) minyak canola
¾ cup (75 g) gula palem
120 g terigu protein sedang
30 g oatmeal instant
2 scoop (60 g) Prostar 100% whey protein vanilla
1 sdt baking soda
1 sdt garam
250 g pisang (dihaluskan)
150 g almond slice (untuk topping)

Cara membuat

  1. Campur rata terigu, oatmeal, whey protein, garam dan baking soda. Sisihkan.
  2. Campurkan gula palem dan minyak canola menggunakan mixer dengan kecepatan rendah atau dengan pengaduk kayu.
  3. Tambahkan pisang dan aduk rata.
  4. Tmbahkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dicampur menggunakan pengaduk.
  5. Pindahkan ke dalam cetakan yang sudah diolesi sedikit minyak sawit dan dialasi kertas roti.
  6. Taburi dengan irisan almond.
  7. Panggang pada suhu 180oC selama kurang lebih 30 menit.

Nilai nutrisi per potong
Energi: 175 kkal
Lemak: 9 g
Karbohidrat: 5 g
Serat: 2 g
Protein: 6 g

Tips dan saran

  1. Konsumsi almond memang menyehatkan akan tetapi sekitar 49,4% bagian almond terdiri dari lemak yang berkalori tinggi. Jadi almond akan lebih menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Jumlah konsumsi almond harian yang direkomendasikan yaitu sebanyak 15-20 g akan memberikan nutrisi sekitar 4 g karbohidrat, 4 g protein, dan 9 g lemak.
  2. Dapat dinikmati sebagai snack sehat yang ditemani teh hijau, kopi ataupun segelas susu rendah lemak.