Banana Sensation Ice Cream

Resep sehat kali ini kita akan menggunakan Iso Sensation 93. Iso Sensation 93 merupakan produk whey protein isolate terbaik dari Ultimate Nutrition. Kandungan proteinnya termasuk tertinggi hingga mencapai 93% per satu sajian. Selain kandungan utamanya whey protein isolat, produk ini juga mengandung sejumlah bahan organik yang memiliki manfaat buat tubuh, seperti immunoglobulin (IgG), colostrum, lactoferrin (Lf), glycomacropeptide (GMP), glutamine complex, SI complex, dan D complex.

 Banana Sensation Ice Cream
Kita lihat yuk satu persatu jenis-jenis bahan tersebut.

  • Immunoglobulin dikenal juga sebagai antibodi yang merupakan jenis protein berbentuk Y yang diproduksi oleh sel B yang digunakan oleh sistem imun tubuh untuk mengidentifikasi dan menetralisir objek asing seperti virus dan bakteri.
  • Colostrum adalah susu yang pertama kali diproduksi oleh kelenjar susu hewan menyusui pada tahapan akhir fase kehamilan. Colostrum mengandung sejumlah antibodi yang melindungi bayi dari serangan penyakit, selain itu colostrum rendah lemak dan tinggi kadar proteinnya.
  • Lactoferrin (LF) dikenal juga dengan sebutan lactotransferrin (LTF) adalah sejenis protein yang banyak terdapat pada susu. Lactoferrin berperan juga dalam sistem imun tubuh karena memiliki sifat antimikroba (bakterisida dan fungisida). Sifat ini kemungkinan disebabkan karena kemampuan protein ini dalam mengikat dan mentransfer ion Fe3+ sehingga tidak tersedia bagi mikroba untuk tumbuh.
  • Glycomacropeptide (GMP) adalah kasein yang kaya kandungan karbohidrat. Kasein merupakan protein yang umum terdapat dalam susu dan merupakan sumber asam amino, karbohidrat, kalsium, dan fosfor. Beberapa manfaat GMP yaitu meningkatkan penyerapan kalsium, zat besi dan seng, membantu pembentukan otot yang lean (tidak berlemak), mengikat zat toksin yang dikeluarkan bakteri, mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, menekan nafsu makan karena merangsang pelepasan cholecystokinin (CCK) yang merupakan hormon di otak yang membuat kita merasa kenyang, selain itu GMP mengandung BCAA dalam jumlah yang cukup tinggi.
  • Glutamine complex merupakan kombinasi sejumlah senyawa glutamine seperti glutamine peptide, glutamine, N-acetil L-glutamine. Glutamine itu sendiri adalah salah satu dari 20 jenis asam amino. Pada kondisi normal, glutamine tidak termasuk sebagai asam amino esensial, tapi pada kondisi tertentu misalnya pada olahragawan (mis. bodybuilder dan atletik) dan pengidap penyakit gastrointestinal, glutamin menjadi asam amino esensial. Pada binaragawan, glutamine berfungsi untuk memperbaiki kerusakan otot akibat latihan yang berat.
  • SI complex adalah campuran beberapa jenis senyawa alpha lipoic acid, D-pinitol, 4-hydroxyisoleucine. Alpha-lipoic acid (ALA) merupakan senyawa organik yang termasuk golongan organosulfur. ALA tidak termasuk senyawa esensial sehingga tidak memiliki batasan nilai RDA (Recommended Daily Allowance). Beberapa manfaat ALA yang telah diteliti antara lain yaitu berfungsi mencegah kerusakan organ, mencegah penyakit kardiovaskular, mencegah disfungsi kognitif akibat pertambahan usia, mencegah migrain, mengurangi inflamasi, dan sebagai antioksidan. D-pinitol adalah senyawa glikosida siklik poliol yang dikenal sebagai anti-diabetes yang diekstrak dari daun tanaman Sutherlandia frustescens (sejenis tanaman legume dari Afrika Selatan).
    Dapatkan Iso Sensation 93 Di Sini!
    Sedangkan 4-hydroxyisoleucin adalah sejenis asam amino yang diperoleh dari alam atau dibuat secara sintetik. Senyawa 4-hydroxyisoleucin alami diekstrak dari tanaman Fenugreek (sejenis tanaman penghasil herbal, bumbu, dan sayuran yang banyak digunakan digunakan di masakan India dan Pakistan). Senyawa ini dapat membantu memperbaiki kadar gula darah dan membantu perkembangan otot dengan cara mendorong sel otot menyimpan lebih banyak nutrisi untuk perkembangan otot seperti creatine, karbohidrat, dan protein. 4-hydroxyisoleucine ini juga meningkatkan penerimaan sel otot terhadap insulin sehingga meningkatkan penyimpanan nutrisi menjadi otot dan menghalangi penyimpanan nutrisi ke dalam sel-sel lemak. Sebagai informasi tambahan, biji fenugreek secara tradisional sudah digunakan sebagai anti-diabetes.
  • D complex terdiri dari protease dan lactase. Protease adalah enzim pemecah protein yang membantu pencernaan protein sehingga protein dipecah menjadi asam-asam amino sehingga tubuh bisa lebih mudah menyerap. Lactase adalah enzim yang memecah laktosa atau gula susu menjadi galaktosa dan monomer glukosa. Enzim bersifat esensial karena membantu tubuh mencerna laktosa sehingga tidak menyebabkan lactose intolerance.

Bahan
1 sdm (15 g) Iso Sensation 93 rasa Coffee Brazil
2 buah pisang ukuran kecil (160 g)
Untuk topping : 1 sdm air matang + ½ sdt coklat bubuk (campur rata)

Cara membuat

  1. Kupas pisang, bungkus dalam plastik atau wadah. Bekukan dalam freezer.
  2. Siapkan food processor. Masukkan pisang beku dan Iso Sensation 93 ke dalam food processor. Proses hingga halus.
  3. Pindahkan dalam mangkuk saji. Berikan topping campuran madu dan coklat bubuk.
  4. Sajikan.

Nilai nutrisi per porsi
Energi: 200 kkal
Lemak: 0,6 g
Karbohidrat: 32,8 g
Serat: 4 g
Protein: 15,8 g

Tips dan saran

  1. Pisang berukuran kecil mempunyai panjang kurang dari 6 inch.
  2. Dapat dikonsumsi saat snacking.
  3. Cobalah dengan buah lain untuk bereksperimen, misalnya alpukat, melon, atau strawberry.
  4. Jika tidak tersedia Iso-sensation 93, dapat diganti dengan prostar 100% whey protein.