Egg Sandwich

Hi guys… Beberapa waktu yang lalu mungkin telah melihat video Healthy Cooking Class yang pertama di website ini. Nah, resep kali ini adalah bentuk tertulis dari video tersebut. Dikarenakan durasi video agak pendek sehingga informasi yang disampaikan pun tidak terlalu lengkap. Dalam artikel resep sehat kita kali ini, saya akan sedikit membahas tentang zucchini yang merupakan salah satu bahan yang akan kita gunakan.

eeg sandwich Egg Sandwich
Zucchini atau courgette adalah buah yang termasuk dalam jenis labu-labuan yang dapat tumbuh sampai hampir satu meter akan tetapi biasanya dipanen dalam ukuran yang lebih kecil yang sebenarnya belum tua (immature). Zucchini adalah jenis hibrida dari mentimun (cucumber). Dalam dunia kuliner, buah yang satu ini dikategorikan sebagai jenis sayuran. Zucchini disebut juga labu musim panas disebabkan karena umur simpannya yang pendek, berbeda dengan labu musim dingin (winter squash) yang mempunyai masa simpan lebih panjang.

Berbeda dengan mentimun, biasanya zucchini dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan. Akan tetapi zucchini dapat juga dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Dari segi nutrisi, zucchini termasuk bahan makanan rendah kalori. Zuchhini yang berukuran medium hanya memiliki kalori sebanyak 25 kkal. Kandungan karbohidrat sekitar 3.8%, serat 1 %, protein 1.2%, lemak 0,2%.

Selain dari segi nutrisi, manfaat lain dari zucchini bagi kesehatan tubuh belum begitu banyak dipelajari, akan tetapi ada beberapa studi tentang manfaat labu ini terhadap hewan percobaan. Selain itu studi-studi yang telah dilakukan lebih melihat labu secara keseluruhan bukan spesifik hanya zucchini. Sebagai antioksidan, zucchini merupakan sumber yang baik dari mangan, vitamin C dan vitamin A yang merupakan antioksidan. Selain itu terdapat juga kandungan antioksidan lain seperti lutein dan zeaxanthin. Aktifitas zat antioksidan dalam zucchini termasuk yang stabil, yang terbukti dari hasil studi terhadap keaktifan antioksidan zucchini yang telah dibekukan. Untuk mendapatkan manfaat yang menyeluruh dari antioksidan dalam zucchini maka ada baiknya kita mengkonsumsinya tidak hanya dagingnya saja tetapi juga kulit dan bijinya.

Zucchini mengandung sejumlah vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, folat, dan kolin), dan serat pangan yang bermanfaat dalam pengaturan kadar gula darah. Dari hasil penelitian pada hewan percobaan menunjukkan adanya manfaat anti inflamasi di sistem kardiovaskular dan saluran pencernaan, yang berasal dari omega-3 (yang terdapat dalam biji zucchini), senyawa karoten lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, serta senyawa anti inflamasi dari golongan polisakarida yaitu homogalacturonan. Adanya kombinasi anti oksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam zucchini sehingga cukup logis dikatakan adanya manfaat bahan makanan ini sebagai anti kanker. Meskipun penelitian mengenai manfaat anti kanker dari zucchini sebenarnya masih dalam tahap awal. Nah, itulah sedikit cerita tentang zucchini.
Cegah Tubuh Anda Dari Serangan Kanker Di Sini!
Untuk 1 porsi
Bahan
2 lembar roti gandum
½ sdm saus sambal
1 sdm yogurt skim
1 butir telur
½ sdm minyak zaitun
2 lembar daun salad
3 irisan zucchini

Cara membuat

  1. Telur dibuat dadar dengan menggunakan minyak zaitun. Sisihkan.
  2. Cuci daun salad dan zucchini dengan air matang dan hangat. Tiriskan sebentar. Iris zucchini sesuai kebutuhan.
  3. Siapkan bahan olesan dengan cara mencampur rata saus sambal dan yogurt. Sisihkan.
  4. Ambil sehelai roti gandum. Oleskan dengan 1/3 bahan olesan. Letakkan di atas piring saji.
  5. Letakkan selembar daun salad di atasnya. Tumpuk dengan telur dadar. Tumpuk lagi dengan 3 irisan zucchini. Oleskan permukaannya dengan 1/3 bahan olesan. Tumpuk dengan daun salad lagi.
  6. Untuk lapisan penutupnya. Ambil sehelai roti gandum dan dioleskan lagi sisa bahan olesan. Permukaan yang dioles kemudian ditumpuk di atas lembar daun salad.
  7. Sajikan.

Nilai nutrisi per porsi
Energi: 288 kkal
Lemak: 14.3 g
Karbohidrat: 25 g
Serat: 4,4 g
Protein: 14.3 g

Tips dan saran

  • Jika tidak ingin pedas, saus sambal bisa di campur terlebih dahulu dengan saus tomat atau dapat diganti dengan saus tomat saja.
  • Bisa ditambahkan irisan bawang bombay atau tomat sebagai salah satu bahan lapisan sandwichnya.
  • Jika tidak terdapat zucchini dapat digantikan dengan mentimun.

Bergabunglah dalam forum diskusi seputar resep masakan sehat bagi tubuh Anda, di sini!