Fruit & Yogurt Protein Shake

 Fruit & Yogurt Protein Shake

Resep sehat kita kali ini yaitu Fruit & Yogurt Protein Shake yang menggunakan campuran buah strawberry dan jeruk. Manfaat strawberry dan jeruk bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi, selain kaya akan vitamin C, juga merupakan sumber vitamin lain seperti vitamin A, B1, B2, B6 dan B9 (asam folat), sumber antioksidan, dan sumber serat pangan. Dan seperti biasa kita lihat sedikit lebih dalam tentang salah satu bahan yang digunakan dalam resep ini, yaitu strawberry.

Mengenai strawberry (Fragaria sp.), tanaman yang satu family dengan bunga mawar ini sebenarnya tidak termasuk dalam golongan buah. Secara teknis strawberry adalah buah aksesori agregat yang artinya daging buah bukan berasal dari ovarium tapi dari tangkai ovarium. Strawberry memiliki aroma yang khas, berwarna merah cerah, bertekstur lembut, dan rasanya yang khas asam manis. Strawberry dikonsumsi dalam bentuk segar dan dalam bentuk olahan seperti jus, selai, milk shake, es krim, dan pie. Strawberry adalah salah satu jenis buah yang termasuk dalam 10 buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi.

Sebagai sumber antioksidan dari buah-buahan, strawberry menduduki urutan keempat setelah blackberry, cranberry, dan raspberry. Akan tetapi jika diperhitungkan takaran sajinya, maka strawberry menduduki urutan ketiga setelah blackberry dan walnut. Ada sekitar 6 golongan senyawa antioksidan yang terdapat dalam strawberry. Dua jenis yang cukup penting yaitu antosianin dan ellagitannin. Kedua pigmen ini yang bertanggung jawab terhadap warna dari strawberry. Keaktifan antosianin sebagai antioksidan telah ditunjukkan dari hasil beberapa

studi yang menunjukkan kemampuannya dalam mengurangi resiko terbentuknya kanker

, penyakit kardiovaskular dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

Manfaat strawberry dikaitkan juga dengan kemampuannya dalam mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Beberapa studi menunjukkan bahwa 2-3 porsi sajian (sekitar 150 g per 1 porsi) per minggu mampu mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Para peneliti berspekulasi bahwa manfaat strawberry ini dikaitkan dengan kandungan salah satu jenis polifenol yang juga antioksidan yaitu ellagitannin. Ellagitannin diperkirakan berperan dalam membantu mengontrol respon gula darah. Hal ini didasarkan bahwa ellagitanin adalah jenis polifenol yang diketahui menghambat aktifitas enzim alfa-amilase (enzim tubuh yang bertanggung jawab memecah pati amilosa menjadi gula sederhana), sehingga gula sederhana yang dilepas ke aliran darah menjadi lebih sedikit.

Manfaat lain dari strawberry yaitu dikaitkan dengan peningkatan fungsi motorik, penurunan resiko radang usus, dan meningkatkan kesehatan mata. Semua manfaat ini diperoleh dari zat-zat gizi dan senyawa-senyawa fitokimia yang terkandung dalam strawberry.

Untuk 2 porsi
Bahan:

  • 100 g strawberry
  • 80 ml minuman sari buah jeruk atau jus jeruk
  • 100 g yogurt rendah lemak
  • 300 g susu cair rendah lemak
  • 50 g UN Prostar 100% Whey Protein
  • ½ sdm madu

Cara membuat:

  • 1. Keluarkan tangkai strawberry dan cuci bersih dengan air matang. Tiriskan.
  • 2. Campurkan semua bahan.
  • 3. Proses menggunakan blender atau food processor sampai halus. Pindahkan dalam wadah minum. Sajikan.

Nilai gizi per porsi:

  • Energi: 254 kkal
  • Lemak: 3.7 g
  • Karbohidrat: 25.8 g
  • Serat: 1.1 g
  • Protein: 29.5 g

Tips dan Saran:

  1. Tambahkan sedikit es batu jika ingin diminum dingin atau gunakan susu cair yang sudah didinginkan terlebih dahulu.
  2. Masukkan dalam shaker yang tidak mudah bocor dan dibawa pada saat ke gym. Jadikan sebagai pilihan minuman sehat setelah berolahraga.