Muesli with Yogurt

Resep sehat kita kali ini akan menggunakan bahan muesli. Di artikel sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan tentang apa itu muesli. Muesli dapat diolah menjadi breakfast, main dishes, ataupun snack, yang tentunya memiliki manfaat buat kesehatan. Nah, sekarang saya akan coba berbagi sedikit tentang apa sih health benefit atau manfaat kesehatan dari muesli tersebut. Informasi berikut saya rangkum dari beberapa sumber.

Mengapa muesli menyehatkan bagi tubuh?

  1. Kandungan nutrisi. Muesli merupakan kombinasi berbagai bahan yang menyehatkan seperti oat utuh, gandum utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian, yang menyumbangkan zat-zat gizi penting buat tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

    Sarapan dengan muesli dapat meningkatkan energi, dan membantu berkonsentrasi.

  2. Memenuhi kebutuhan serat pangan harian. Zaman sekarang begitu banyaknya makanan olahan yang kandungan serat pangannya tidak cukup memenuhi kebutuhan harian.

    Muesli mengandung serat pangan yang larut (soluble) dan yang tidak larut (insoluble) yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah sehingga mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah.

    Serat pangan larut (beta-glukan) juga membantu menjaga tingkat kadar gula darah, dan juga mengurangi sembelit dengan memperbaiki kerja usus dalam mengeluarkan kotoran.

  3. Membantu menurunkan berat badan. Muesli termasuk makanan yang rendah indeks glikemiknya (GI 40), sehingga dicerna lebih lambat dan mempengaruhi kadar gula darah sehingga membantu dalam proses menurunkan berat badan. Selain itu makanan dengan nilai IG yang rendah memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu kita dalam mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Selain itu vitamin B-komplek dalam muesli membantu metabolisme dan penggunaan lemak untuk energi.

  4. Membantu mengontrol kadar gula darah. Nilai IG muesli yang termasuk rendah dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kondisi yang normal. Bagi penderita diabetes, muesli dapat menjadi salah satu pilihan yang menyehatkan.

  5. Mengurangi resiko kanker. Muesli yang mengandung oat, kacang-kacangan, buah-buahan,dan biji-bijian memberikan kontribusi sebagai anti kanker. Kandungan fitokimia yang disebut lignan dan antioksidan dapat membantu menurunkan resiko kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker ovarium.

  6. Mencegah penyakit jantung. Kandungan mangan dalam muesli membantu mengatur ritme darah normal dan menjaga tekanan darah dalam keadaan sehat. bersama dengan kandungan lemak jenuh rendah akan menjaga kesehatan jantung. Mangan juga melindungi lapisan arteri dari akibat pengaruh buruk oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain mangan, kandungan asam lemak jenuh yang rendah dan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan Omega-3 sangat membantu kesehatan jantung.
    Setelah kita mengetahui manfaat kesehatan dari muesli, selanjutnya kita bisa mencoba resep sehat berikut.

Untuk 3 porsi
Bahan:

  • 100 g Muesli
  • 7 g minyak canola atau zaitun
  • 30 g madu
  • 90 g low fat yogurt

Cara membuat:

  1. Campur rata minyak canola atau zaitun dan madu. Tambahkan muesli dan aduk rata.
  2. Masukkan campuran dalam wadah tahan panas. Panggang sekitar 15 menit pada suhu 160oC atau sampai agak coklat. Angkat dan dinginkan.
  3. Tambahkan yogurt dan campur rata. Sajikan.

Nilai gizi per porsi

  • Energi: 186.8 kkal
  • Lemak: 7.5 g
  • Karbohidrat: 23.5 g
  • Serat: 3.7 g
  • Protein: 6.3 g

Tips dan saran:

  1. Baked muesli bisa dibuat agak banyak dan disimpan dalam wadah tertutup dan dimasukkan dalam kulkas.
  2. Selain menggunakan yogurt, dapat juga disajikan dengan mayonnaise.
  3. Baked muesli dapat Anda gunakan sebagai campuran makanan lain seperti pancake, cake, kukis, atau topping untuk es krim.