Inilah Manfaat Latihan Beban bagi Wanita

category: News

Apakah Anda berpikir hanya pria yang perlu latihan beban? Tentu saja tidak. Saat ini, kebanyakan para wanita enggan melakukan latihan beban karena takut memiliki badan yang berotot besar dan terlihat maskulin.

wanita Inilah Manfaat Latihan Beban bagi Wanita

Penyebab pria bisa terlihat kekar karena ada hormon yang disebut testosteron. Tubuh seorang wanita di sisi lain hanya mengeluarkan sekitar 1/100 dari jumlah hormon yang disekresi oleh pria. Oleh karena itu, wanita tidak mungkin untuk bisa terlihat kekar atau berotot besar, kecuali wanita tersebut mengonsumsi steroid.

Jadi, mengapa wanita perlu latihan beban? Berikut ini manfaat-manfaatnya:

  • Latihan beban bisa membantu menghindari osteoporosis
    Penelitian menunjukkan bahwa latihan beban yang dikombinasikan dengan diet tinggi kalsium bisa membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan meningkatkan pemodelan tulang. Hal ini sangat penting untuk wanita yang mendekati menopause karena kepadatan tulang mereka mulai menurun.
  • Latihan beban membantu mengencangkan tubuh
    Latihan pertahanan atau latihan beban bisa membantu membentuk tubuh yang lebih baik dengan meningkatkan otot Anda. Jadi, tidak akan ada lagi perut buncit yang mengganggu, payudara atau bokong yang kendur. Hal ini juga bisa mengencangkan kulit secara keseluruhan.
  • Latihan beban mengurangi risiko penyakit serangan jantung, diabetes dan lainnya
    Menurut American Heart Association, latihan beban membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dilakukan dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Latihan ini juga menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah diabetes dengan mempertahankan kadar gula darah. Latihan ini juga diketahui bisa meningkatkan kapasitas paru-paru yang berarti kemungkinan penyakit pernafasan juga akan menurun.
  • Latihan beban bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan
    Latihan beban memang ampuh dalam membangun otot. Selain itu, otot juga bisa membakar kalori bahkan setelah latihan selesai. Hal ini juga meningkatkan daya tahan dan membuat tugas sehari-hari terasa lebih ringan.
  • Latihan beban bisa membantu membakar lemak bahkan pada saat istirahat
    Latihan beban membantu membangun otot tanpa lemak dan meningkatkan metabolisme keseluruhan tubuh. Otot ini membantu membakar lemak bahkan saat Anda sedang tidak bekerja. Jadi, semakin lama Anda melakukan latihan beban untuk penurunan berat badan, Anda akan menghasilkan manfaat yang lebih maksimal lagi.
  • Latihan beban mengurangi risiko cedera dan meningkatkan postur
    Latihan beban bisa meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kekakuan otot. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi sakit punggung dan radang sendi karena membantu memperkuat otot-otot sekitar sendi.
  • Latihan beban bisa bikin makin percaya diri
    Latihan beban juga memiliki beberapa manfaat pada psikologis. Pada zaman emansipasi ini, wanita mengklaim bisa melakukan apa saja yang pria bisa, termasuk latihan beban. Wanita yang latihan beban umumnya cenderung merasa lebih percaya diri tentang diri mereka sendiri.

Jadi, mulai sekarang singkirkan alasan-alasan konyol tentang latihan beban dan mulailah berlatih. Well, goodluck ladies. (jay)

BACA JUGA : Latihan Anti Aging untuk Cegah Proses Penuaan