Penelitian: Anak-anak yang Berenang Lebih Cerdas

category: News

Menurut para ilmuwan, anak-anak yang belajar berenang pada usia muda bisa mencapai tahap perkembangan yang lebih awal dari norma-norma kehidupan dan lebih cerdas.

 Penelitian: Anak anak yang Berenang Lebih Cerdas

Selain fisiknya yang tumbuh lebih cepat, anak-anak yang berenang juga secara signifikan lebih baik dalam keterampilan visual-motorik, seperti memotong kertas, mewarnai dan menggambar garis dan bentuk, dan tugas matematis yang berhubungan dengan angka.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Griffith Institute for Educational Research, Australia, ini juga menemukan bahwa anak-anak tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik dalam ekspresi lisan, membaca dan menghitung.

Penelitian ini mensurvei para orang tua dari 7.000 balita di Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat selama tiga tahun.

Sekitar 180 anak-anak usia 3, 4 dan 5 tahun terlibat dalam penelitian intensif ini, sehingga penelitian ini disebut sebagai penelitian yang paling komprehensif pada renang di usia muda.

Peneliti utama Profesor Robyn Jorgensen mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan anak-anak yang berpartisipasi dalam berenang di usia muda bisa mencapai berbagai keterampilan lebih awal dari populasi normal.

“Banyak dari keterampilan ini yang membantu anak-anak kecil untuk proses transisi ke dalam konteks pembelajaran formal, seperti pra-sekolah atau sekolah dasar,” ujar Jorgensen seperti dikutip Zeenews.com. (jay)

BACA JUGA : Tanpa Istri, Suami bisa Meninggal Lebih Cepat