5 Makanan Terbaik untuk Jantung Anda

category: Nutrition

5 Makanan Terbaik untuk Jantung Anda Picture

Makanan ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung Anda, apalagi ketika Anda mulai bertambah usia. Selain dari suplementasi dan olahraga, kesehatan jantung Anda sangat tergantung dari makanan-makanan yang kaya nutrisi seperti yang disebutkan berikut ini. Sertakanlah makanan-makanan ini dalam menu harian Anda untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat sampai hari tua nanti.

1. Almonds
Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan asam lemak tidak jenuh dan phytosterols. Asam lemak tidak jenuh mampu meningkatkan pengeluaran kolesterol jahat yaitu kolesterol LDL dan meningkatkan konsentrasi HDL dalam darah, sedangkan phytosterols mampu berkompetisi dengan kolesterol sehingga tidak diserap oleh usus. Almond bisa disajikan menjadi topping/pelengkap dari masakan Anda.

2. Apel
Para peneliti dari universitas ternama di Amerika, menemukan bahwa mengkonsumsi satu buah apel tiap harinya mampu memblok peningkatan LDL dan menurunkan peningkatan LDL sebesar 8%. Apel mengandung serat larut yaitu pektin yang membersihkan dinding arteri dari penumpukan plak-plak kolesterol yang membahayakan untuk jantung. Sajikan irisan apel bersama oatmeal yang baik pula untuk jantung.

3. Kedelai
Kedelai memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dan kanker. Kedelai kaya akan senyawa isoflavonoid yang mampu mengendalikan kolesterol jahat dan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker. Selain itu kedelai juga kaya serat larut oligosakarida yang membantu pula dalam mencegah timbunan plak pada pembuluh darah. Sajikanlah kedelai menjadi bubur kedelai atau disangrai sebagai topping masakan.

4. Buah Berry (Strawberry, Blueberry, Raspberry)
Buah berry mengandung komponen yang mirip dengan resveratrol dalam anggur. Selain itu buah berry mengandung antioksidan jenis pterostilbene, yang merangsang sel-sel liver untuk bekerja mencerna lemak dan kolesterol. Kolesterol jahat yang menurun konsentrasinya dalam darah mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Sajikan sebagai jus atau pelengkap salad.

5. Ikan Laut
Jenis ikan yang berada di laut dalam seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega terutama omega-3, omega-6 dan omega-9. Menurut penelitian di sebuah Universitas di Eropa, selama 2 minggu mengkonsumsi ikan tersebut menunjukkan resiko penyempitan pembuluh darah sebanyak 20%. Sajikan ikan dengan cara dipanggang atau dibakar dengan minyak zaitun.