5 Nutrisi Penyeimbang Hormon Alami Wanita

category: Nutrition

Penelitian menemukan bahwa ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron pada wanita menjadi penyebab premenstrual syndrome (PMS). Pada dasarnya ketidakseimbangan hormon ini dapat diatasi dengan pemilihan jenis nutrisi yang tepat dalam pola makan Anda.

 5 Nutrisi Penyeimbang Hormon Alami Wanita

Berikut ini 5 nutrisi penting yang berperan dalam menyeimbangkan kadar hormon alami wanita.

  1. Serat
    Salah satu cara untuk mengendalikan kadar hormon adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Pada wanita yang mengonsumsi diet serat tinggi maka kadar estrogen pada darah akan menurun selama fase siklus menstruasi dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi sedikit serat. Untuk mencapainya, cobalah mengonsumsi setidaknya lima buah segar atau sayuran, biji-bijian, dan satu porsi kacang-kacangan setiap hari.
  2. Fitoestrogen
    Kedelai sangat baik untuk Anda. Kedelai dan produk kedelai mengandung senyawa seperti estrogen yang disebut fitoestrogen, yang membantu mengimbangi fluktuasi estrogen alami pada wanita. Fitoestrogen bertindak seperti hormon, menempel pada reseptor estrogen tubuh dan meningkatkan efek estrogen tanpa efek samping.
  3. Asam Linoleat
    Minyak safflower merupakan salah satu makanan yang kaya akan asam lemak linoleat. Asam linoleat berfungsi mengatur hormon-senyawa yang terkait dengan PMS yang menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan pada daerah payudara. Satu atau dua sendok makan minyak safflower dalam makanan sehari-hari akan memasok asam linoleat untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, tanpa mempengaruhi diet rendah lemak Anda.
  4. Kalsium
    Wanita yang mengalami PMS biasanya kekurangan nutrisi penting ini. Peningkatkan asupan makanan yang kaya kalsium akan membantu mengurangi gejala-gejala PMS seperti masalah mood, konsentrasi, dan rasa sakit. Susu, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau merupakan sumber kalsium yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
  5. Magnesium
    Mengonsumsi magnesium juga dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan PMS. Meningkatkan asupan makanan yang kaya magnesium seperti kacang, gandum, pisang dan sayuran berdaun hijau dapat membantu mengurangi gejala PMS.

Jadi, mulailah seimbangkan hormon Anda secara alami melalui pengaturan pola makan yang baik, dengan memilih makanan yang baik dan sehat bagi tubuh Anda! (dan)