Apa Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan?

category: Nutrition

Tuna

Ikan merupakan salah satu menu makanan sehat. Ikan sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai sumber lemak baik, terutama Omega 3. Dan ketika kita membicarakan tentang ikan, maka nama ikan tuna menjadi salah satu jenis ikan yang kita ingat. Ikan tuna merupakan sumber asam lemak sehat Omega 3 yang penting bagi kesehatan kita. Selain itu, tuna juga kaya protein. Berbagai penelitian yang dilakukan mengaitkan tuna dengan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari perannya dalam menjaga kesehatan jantung bahkan untuk pencegahan kanker.

Nutrisi Esensial dalam Ikan Tuna dan Manfaatnya

Tuna dikenal sebagai sumber asam lemak Omega 3. Selain itu, tuna juga termasuk makanan sehat yang kaya nutrisi karena merupakan sumber protein yang baik, juga tinggi kalium dan vitamin B. Semua nutrisi penting ada dalam tuna sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik bagi kesehatan.

Karena tuna merupakan kaya Omega 3, maka asam lemak sehat ini membantu fungsi optimal jantung, dengan cara menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik sehingga mencegah pembekuan darah di dalam pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi untuk menjamin kesehatan jantung optimal dan pencegahan stroke.

Konsumsi tuna juga berhubungan dengan pencegahan dan pengobatan radang sendi dan nyeri. Juga, sebagaimana disebutkan sebelumnya, tuna merupakan sumber protein dan dengan demikian membantu dalam meningkatkan metabolisme sehingga membuat tubuh membakar lemak, serta menyediakan bahan baku untuk pertumbuhan kuku, kulit, darah, dan organ internal lainnya.

Penelitian juga mengaitkan asupan tuna dengan berkurangnya risiko kanker, seperti contohnya kanker payudara. Selain itu, tuna membantu dalam menjaga mata yang sehat. Melalui asupan tuna, seseorang juga dapat menjaga otak berfungsi secara optimal, mengurangi risiko Alzheimer atau pikun. Dengan demikian, tuna adalah ikan dengan peran besar dalam membantu hidup sehat seseorang.

Jadi, segera masukkan tuna dalam menu diet sehat Anda dan dapatkan manfaatnya bagi kesehatan Anda.