Jangan Simpan Makanan ini Di Kulkas!

category: Nutrition

Anda mungkin sudah terbiasa menyimpan segala jenis makanan atau bahan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas sehabis berbelanja dari pasar atau supermarket. Tapi apakah semua jenis makanan harus disimpan dalam kulkas agar lebih awet?

Sebelum makanan Anda membusuk atau sudah kehilangan rasanya, ada baiknya ketahui dulu fakta tentang makanan atau bahan makanan apa saja yang boleh dan tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas.

Tomat

Faktanya, tomat justru lebih cepat membusuk jika disimpan di dalam kulkas. Membran dinding sel tomat menjadi rusak akibat suhu dingin dalam kulkas sehingga menjadi lembek dan pucat. Keluarkan tomat dari bungkus kertas atau plastik dan simpan dalam suhu ruangan, dengan posisi bagian tangkai berada di atas. Jauhkan dari sinar matahari!. Dan ingat, dalam kondisi sudah matang tomat hanya bertahan segar tiga hari saja.

Alpukat

Sebaiknya Anda tidak menyimpan alpukat yang masih mentah (keras) ke dalam kulkas karena akan memperlambat masa matangnya. Tapi sebaliknya, simpan alpukat yang sudah matang dalam kulkas jika Anda belum akan memakannya dalam waktu dekat.

Petersali dan Selasih

Salah satu contoh selasih adalah daun kemangi yang biasa disajikan untuk menu lalapan. Daun kemangi akan cepat rusak jika disimpan di dalam kulkas. Begitu pula dengan sayur peterseli yang banyak digunakan untuk membuat pizza dan spaghetti. Cukup simpan keduanya dalam wadah berarir (seperti menyimpan bunga) di dapur Anda.

Mayonnaise

Mayonnaise bukan merupakan produk turunan susu, jadi Anda tidak perlu menyimpannya di dalam kulkas. Mayonnaise terbuat dari telur yang sudah dipasteurisasi ditambah cuka, garam dan jus lemon sehingga aman dari perkembangan bakteri.

Selai kacang

Kecuali Anda membuat sendiri selai kacang secara alami, selai kacang produksi komersial tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Bahkan setelah dibuka sekali pun, citarasanya tidak akan berubah selama tiga bulan.

Selai dan asinan buah

Dalam sitilah asing selai buah sering disebut dengan jam atau fruit preserve. Dari namanya saja sudah jelas. Presereve artinya sudah diawetkan. Jadi selai atau asinan buah akan tetap awet dalam suhu ruangan biasa.

Roti

Menyimpan roti seperti roti tawar dalam kulkas hanya akan membuat roti menjadi kering. Cukup taruh di atas meja makan dan habiskan sebelum empat hari atau sebelum tanggal kadaluwarsanya.

Mentega

Kecuali Anda diserang gelombang udara panas, mentega akan baik-baik saja dalam suhu ruangan biasa.

Kecap

Kecuali Anda jarang memakai kecap untuk memasak, menyimpan kecap dalam suhu ruangan tidak akan mempengaruhi citarasa dan kualitasnya.

Saus

Hampir semua jenis saus baik saus tomat, cabai, kedelai dan bahkan saus ikan sekali pun tidak perlu disimpan dalam kulkas. Cukup pastikan terhindar dari sinar matahari langsung.

Bawang putih dan merah

Bawang putih dan merah lebih cepat lembek dan rusak dalam kulkas. Lagipula aromanya bisa merusak makanan lain dalam kulkas. Cukup simpan dalam wadah berlubang di rak dapur. Tapi pastikan jauh dari kentang yang bersifat lembab dan mengeluarkan gas sehingga dapat merusak bawang.

Kentang

Kandungan tepung dalam kentang akan cepat menjadi gula jika disimpan dalam kulkas. Akibatnya rasanya akan berubah dan warnanya cepat menghitam saat dimasak. Cukup simpan dalam kantong kertas di dapur.

Kopi

Proses kondensasi dalam kulkas bisa merubah kualitas rasa biji kopi atau kopi bubuk. Cukup simpan kopi dalam wadah tertutup rapat dalam suhu ruangan biasa.

Madu

Madu tidak akan berubah kualitas dan rasanya dalam suhu ruangan. Suhu dingin dalam kulkas malah akan mengentalkan madu sehingga susah dituang atau dioles.

Minyak Zaitun

Kecuali Anda punya stok banyak dan jarang memakainya berbulanbulan, minyak zaitun aman disimpan dalam suhu ruangan yang terhindar dari sinar matahari. (aan)

BACA JUGA : Teh Hijau Bantu Tingkatkan Kinerja Otak pada Pria