Kacang Panjang: Si Hijau Panjang Yang Kaya Nutrisi

category: Nutrition

Siapa yang tak kenal dengan kacang panjang? Kacang panjang sering kita temui sebagai sayur atau lalapan, sayur asem, tumisan, dan masih banyak lagi lainnya. Tahukah Anda bahwa si hijau panjang ini kaya akan berbagai nutrisi? Ingin tahu apa saja nutrisi yang terkandung dalam kacang panjang? Simak pembahasannya berikut ini.

Kacang Panjang Si Hijau Panjang Yang Kaya Nutrisi Kacang Panjang: Si Hijau Panjang Yang Kaya Nutrisi
Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh Anda, di antaranya:

Protein
Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Vitamin B Kompleks
Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita. Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.
Dapatkan Multivitamin Dan Multimineral Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Di Sini!

Mineral
Kacang panjang juga kaya akan berbagai mineral, antara lain:

  • Magnesium. Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.
  • Mangan . Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.
  • Fosfor. Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 mg fosfor (18% kebutuhan), yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.
  • Besi. Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.
  • Tembaga. Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.
  • Potassium atau Kalium.Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.
  • Zinc . Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 1,1 mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.
  • Kalsium . Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.
  • Selenium . Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.
  • Serat
    Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Tips Mengkonsumsi Kacang Panjang:

  • Jika Anda ingin mengkonsumsi kacang panjang sebagai lalapan, yang artinya dikonsumsi dalam kondisi mentah, maka pilihlah kacang panjang yang masih muda.
  • Pilih kacang panjang yang berwarna hijau muda, masih segar, biji-bijinya tidak menonjol, dan renyah atau mudah dipatahkan.
  • Sebelum dikonsumsi mentah maupun dimasak, pastikan Anda cuci kacang panjang dengan air bersih.
  • Simpan kacang panjang di lemari pendingin, atau tempat yang kering dan teduh.

Kacang panjang merupakan sayuran yang kaya akan berbagai nutrisi untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang panjang, maka kita akan memasok berbagai nutrisi penting bagi kesehatan kita. Untuk itu, mulailah konsumsi kacang panjang dalam menu makan Anda.