Makanan Padat Gizi dalam Diet

category: Nutrition

 Makanan Padat Gizi dalam Diet

Dalam istilah sederhananya, makanan yang mengandung nilai gizi tinggi, tetapi rendah kalori untuk jumlah tertentu, dinyatakan sebagai makanan padat gizi. Dengan kata lain, makanan yang kaya nutrisi (vitamin, mineral, protein dan karbohidrat), namun dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Contoh terbaik dari makanan padat gizi adalah apel, selai kacang, stroberi, dan brokoli. Makanan ini memiliki jumlah kalori yang moderat dan sarat akan gizi.

Mengkonsumsi makanan padat gizi setiap hari adalah pilihan yang sehat dan memiliki manfaat kesehatan jangka panjang. Beberapa makanan padat gizi yang harus dikonsumsi setiap hari adalah seperti dibawah ini:

Sayuran – Sayuran segar kaya nutrisi yang memenuhi persyaratan untuk makanan padat gizi adalah brokoli, kale, tomat, wortel dan bayam.

Buah-buahan – Mereka yang mencari buah-padat gizi disarankan untuk makan apel, stroberi dan jeruk.

Produk Gandum – Roti gandum coklat untuk sarapan adalah pilihan yang baik. Anda dapat memilih biji-bijian seperti gandum, barley atau nasi merah. Makanan-makanan ini kaya akan mineral dan vitamin.

Produk Susu Rendah Lemak – Produk susu seperti susu, yogurt atau keju dianggap makanan padat gizi, namun pastikan pilih produk yang mengandung lemak yang sangat rendah. Idealnya, produk susu perlu bebas lemak agar rasio kalori / gizi tetap tinggi.

Seafood (Makanan Laut) – Konsumsi ikan sangat disarankan. Anda bisa mengkonsumsi salmon dan tuna. Makanan ini penuh nutrisi penting yang dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Selain diperkaya dengan protein dan asam lemak esensial Omega 3, ikan juga bermanfaat bagi anak-anak dalam meningkatkan pertumbuhan jaringan mereka.

Makanan Padat Gizi Untuk Menurunkan Berat Badan

Seperti yang kita semua tahu, kunci untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan. Salah satunya dengan mengurangi makanan yang terlalu tinggi kalori. Dalam rangka mengurangi jumlah kalori secara bertahap setiap harinya, sangat dianjurkan untuk makan makanan padat gizi. Mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan tidak berarti membuat diri kita menjadi kelaparan, yang justru membuat Anda akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Tujuan untuk menurunkan berat badan dapat dicapai dengan memasukkan makanan padat gizi dalam makanan.

Dalam gaya hidup penuh kesibukan seperti saat ini orang mencari resep sarapan yang tidak membutuhkan banyak usaha dan waktu. Beberapa makanan paling padat gizi yang dapat dengan mudah disiapkan adalah:

  • Sandwich yang terbuat dari roti gandum
  • Telur rebus matang
  • Protein shake
  • Salad tomat

Makanan yang diolah dan digoreng seperti selai dan keripik kentang tidak akan pernah masuk ke dalam daftar makanan padat gizi karena mengandung jumlah lemak yang tidak sehat (lemak trans). Makanan seperti hamburger, donat dan kue kering (kaya gula) hanya memiliki sedikit nutrisi penting. Menghindari makanan cepat saji ini dan mengkonsumsi makanan padat gizi, dapat menjaga kesehatan Anda untuk tahun-tahun mendatang.

Nah, mulai sekarang marilah memasukkan makanan padat gizi dalam menu makanan sehari-hari kita, demi mendapatkan tubuh yang sehat dan membantu kita menjaga berat badan tentunya.