Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Hasil Latihan Anda

category: Nutrition

Manfaat Madu

Madu merupakan cairan berwarna emas yang cukup kental, yang diproduksi oleh lebah madu dengan rasa manis yang khas. Proses pembuatan madu dimulai ketika lebah mengumpulkan nektar bunga di mulut mereka. Nektar ini kemudian bercampur dengan enzim khusus di air liur lebah, proses kimia ini kemudian mengubahnya menjadi madu. Lebah madu menyimpannya saripati bunga yang sudah diolah dalam tubuhnya ke dalam sarangnya yang berbentuk heksagonal.

Di belahan dunia ini ada berbagai macam jenis madu dengan rasa khas yang juga berbeda tentunya. Hal ini membuat para peneliti tertarik untuk mempelajari berbagai hal tentang madu. Berikut ini adalah fakta singkat dan juga beberapa manfaat madu.

Madu Dan Manfaatnya Bagi Hasil Latihan
Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa kombinasi madu dengan suplemen protein dapat meningkatkan pemulihan tubuh dan menjaga kadar gula darah setelah latihan. Suplemen protein berguna untuk meningkatkan asupan protein pada diet, meningkatkan kemampuan latihan beban, aerobik dan olahraga lainnya.

Bahkan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kombinasi karbohidrat dengan suplemen protein dapat meningkatkan pemulihan energi pada otot yang tentunya berdampak positif pada hasil latihan Anda.

Studi saat ini melibatkan 39 atlet pria dan wanita yang biasa terlatih dengan beban berat dan membaginya ke dalam beberapa kelompok. Subjek penelitian ini menjalani latihan beban yang intensif dan kemudian mereka diberikan suplemen protein yang dicampur dengan 3 bahan berbeda seperti maltodekstrin, gula dan madu. Ternyata, hasilnya menunjukkan hanya kelompok yang diberi campuran madu yang memiliki kadar gula darah optimal selama dua jam setelah latihan. Selain itu, para subyek yang diberi madu menunjukkan perubahan positif dalam rasio hormon untuk penyembuhan otot.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa madu berfungsi dengan baik dalam aspek yang terkait dengan pemulihan setelah latihan dan menyediakan energi. Selain itu, madu juga merupakan sumber karbohidrat yang cocok dikombinasi dengan suplemen protein setelah latihan. Selain mempercepat pemulihan otot, kombinasi protein dan madu juga tampaknya cocok untuk menstabilkan kadar gula darah setelah latihan.

Manfaat Lainnya Bagi Kesehatan
Madu merupakan salah satu alternatif sumber energi dengan menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan. Madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antibakteri alami. Jika dikombinasikan dengan diet dan gaya hidup sehat, madu akan menjadi pilihan untuk membantu proses penurunan berat badan Anda. Madu merupakan salah satu antioksidan karena mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh meningkat.

Konsumsilah madu dan dapatkan semua manfaatnya bagi latihan Anda juga kesehatan Anda secara keseluruhan.