7 Keajaiban Seks bagi Kesehatan

category: Sex

Anda pasti setuju jika aktivitas seks menawarkan berbagai kejutan dan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Joy Davidson, PhD, seorang psikolog sekaligus terapis seks dari New York mendukung pernyataan ini dengan mengatakan bahwa seks adalah kejutan bagi bagi banyak orang di dunia.

 7 Keajaiban Seks bagi Kesehatan

Namun tetap saja dalam beberapa kasus masih ditemui orang-orang yang tidak mendapatkan kejutan dalam berhubungan seks. Beberapa pasangan masih merasa malu atau bahkan tidak mood saat berhubungan seks sehingga tidak mendapatkan kualitas hidup dan kesehatan dari hubungan seks. Jika ini yang terjadi maka sebaiknya Anda mulai meningkatkan komunikasi dengan pasangan untuk meraih 7 kejutan dan manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan berhubungan seks secara rutin berikut ini.

  1. Redakan Stres
    Jika Anda sedang berada dalam kondisi stres baik karena pekerjaan, kondisi keuangan, atau masalah lainnya, sebaiknya Anda pikirkan untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan tercinta. Tim peneliti dari Skotlandia mempelajari 24 wanita dan 22 pria yang menyimpan catatan kegiatan seksual mereka.
    Para peneliti kemudian menempatkan peserta tersebut pada stres yakni dengan meminta mereka berbicara di depan umum dan memberikan tes aritmatika secara lisan. Selama tes berlangsung tekanan darah para peserta diukur untuk mengetahui respon tekanan darah tersebut terhadap stres.
    Hasilnya, peserta yang melakukan hubungan seks secara rutin memiliki respon yang lebih baik dibandingkan peserta yang jarang berhubungan seks.
  2. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
    Kehidupan seksual yang baik erat kaitannya dengan kesehatan fisik yang baik pula. Melakukan hubungan seks dua hingga 3 kali seminggu sering dikaitkan dengan peningkatan kadar antibodi dalam tubuh (immunoglobulin). Antibodi ini dikenal sebagai penangkal tubuh dari serangan virus inluenza.
    Tim peneliti dari Wilkes University di Wilkes-Barre mengambil sampel darah dari pasangan yang rajin melakukan hubungan seks minimal dua kali seminggu. Dari sample tersebut ditemukan bahwa kadar immunoglobulin pasangan tersebut lebih besar daripada pasangan yang tidak pernah berhubungan seks selama seminggu.
  3. Bantu Turunkan Berat Badan
    “Seks adalah sebuah metode latihan,” kata Patti Britton, PhD seorang seksolog dari Los Angeles. Berdasarkan data dari University of Arizona, jika seseorang dengan berat badan 68 kg melakukan hubungan seks selama lima menit, berarti ia akan membakar sekitar 24 kalori. Jika hubungan seks tersebut berlangsung 45 menit berarti ia berhasil membakar 216 kalori. Itulah alasan mengapa aktivitas seks sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.
  4. Tingkatkan Rasa Percaya Diri
    Meningkatkan kepercayaan diri adalah salah satu dari berjuta alasan orang berhubungan seks, seperti disampaikan tim peneliti dari University of Texas yang dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behavior.
    Hubungan seks adalah tentang merasa lebih baik kepada diri sendiri, sekaligus sebagai bentuk penghargaan dari satu individu ke individu yang lain (pasangan), yang dapat meningkatkan rasa percaya diri individu yang bersangkutan saat bergaul dalam komunitas sosial.
  5. Tingkatkan Produksi Hormon ‘Cinta’
    Hubungan seks yang berakhir dengan orgasme akan meningkatkan produksi hormon oksitosin, yakni hormon yang sering disebut sebagai hormon cinta. Peneliti dari University of Pittsburgh dan University of North Carolina memeriksa 59 wanita pre-menopause sebelum dan sesudah berhubungan seks.
    Peneliti menemukan bahwa kadar oksitosin tubuh para wanita tersebut jauh meningkat dari sebelum mereka berhubungan seks. Oksitosin yang tinggi juga sering dikaitkan dengan rasa murah hati dan ingin memiliki.
  6. Turunkan Risiko Kanker Prostat
    Sebuah studi yang dimuat dalam British Journal of Urology International menyatakan bahwa pria yang mengalami ejakulasi lebih dari 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker prostat dibandingkan pria yang tidak pernah ejakulasi sama sekali selama seminggu.
  7. Tingkatkan Kualitas Tidur
    Anda seorang pria dan sering mengalami gangguan tidur? Sebaiknya jangan mengonsumsi obat-obatan terlebih dahulu, coba saja atasi dengan seks!
    Para pria Australia menuturkan, mereka akan lebih mudah tertidur setelah berhubungan seks. Para ilmuwan beranggapan bahawa otak pria memiliki saklar ‘On’ dan ‘Off’ pada bagian cerebral cortex, bagian otak yang digunakan untuk berpikir. Otak akan berada dalam posisi ‘on’ saat melakukan hubungan seks, namun akan segera beralih ke posisi ‘Off’ setelah mencapai orgasme.
    Setidaknya 1 dari 3 pria Australia menyatakan mereka menggunakan seks sebagai cara utama agar mereka bisa cepat tertidur di malam hari.

Tertarik untuk mencobanya? (dan)

BACA JUGA : Wanita “Berkuasa” Ternyata Jarang Berhubungan Seks!