4 Cara Latihan Tepat Untuk Dapatkan Perut Sixpack

category: SixPack


Anda sedang berlatih serius untuk membentuk perut sixpack? Beberapa dari Anda mungkin sudah mencoba bermacam cara untuk melatih otot perut Anda, tapi tetap tidak menunjukkan hasil yang memuaskan bagi Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami ketika melatih otot perut untuk membentuk perut sixpack, antara lain sebagai berikut:

  • Serasikan antara otot dan pikiran (Muscle and Mind Connection)
    Konsentrasi dalam berolahraga adalah faktor yang harus Anda perhatikan. Ketika berlatih, Anda mungkin pernah berfokus pada hal lain yang akan Anda lakukan setelah berlatih, sehingga membuat Anda melamun. Hal inilah yang akan menggangu pola latihan dan keseriusan Anda berlatih.

    Latihan harus dilakukan dalam hitungan dan set tertentu. Jika yang Anda lakukan adalah melamun dan hilang konsentrasi maka, Anda tidak bisa melakukan hitungan tersebut dengan sempurna yang berakibat tidak maksimalnya pembentukan perut sixpack Anda.

  • Intensitas
    Otot perut merupakan otot kecil yang memerlukan waktu pemulihan tidak lama sehingga dapat dilatih lebih sering, meskipun tidak berarti dilatih setiap hari agar perut sixpack lebih cepat didapatkan. Tingkatkan intensitas latihan antara 3-6 set untuk masing-masing otot perut bagian atas dan bawah. Hal ini sudah cukup untuk menstimulasi otot perut agar berkembang dengan baik.

    Untuk repetisi, lakukan sebanyak mungkin dengan gerakan yang baik. Ketika melatih perut, kualitas gerakan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan kuantitasnya. Jika kita dapat melakukan 20 repetisi dalam 1 set dan merasa perut menjadi panas karenanya, maka kita telah melakukan latihan dengan baik.

  • Variasi gerakan
    Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melatih otot perut Anda adalah variasi. Jika Anda melakukan latihan dengan gerakan yang tetap dalam beberapa bulan, maka perut Anda akan mengalami kejenuhan. Lakukanlah variasi gerakan lain yang tetap memungkinkan otot perut Anda terlatih dengan baik.
  • Bantuan dari teman
    Yang terakhir, jika Anda ingin mendapatkan perut sixpack, tambahlah menu latihan Anda dengan bantuan bola latihan yang bisa melatih otot perut Anda. Sebagai contoh, mintalah teman Anda untuk berdiri di hadapan Anda, perintahkan padanya untuk melemparkan bola latihan ke samping kiri dan kanan Anda secara bergantian. Yang harus Anda lakukan adalah, menangkap bola itu ketika tepat berada di sisi Anda dengan kedua tangan, dengan posisi tubuh dan kaki Anda tetap menghadap ke depan.

Untuk hasil yang lebih baik, lakukanlah tips di atas dengan seksama. Pahamilah dahulu dasar-dasar gerakan latihan perut sebelum melakukannya agar tidak terjadi cedera. Fokuskan pikiran pada saat latihan demi tercapainya perut sixpack terbaik Anda.