5 Gerakan untuk Mengecilkan Perut dan Membuatnya Lebih Indah

category: SixPack

 5 Gerakan untuk Mengecilkan Perut dan Membuatnya Lebih Indah

Perut yang rata, indah dan sexy merupakan impian bagi setiap orang yang memiliki perut buncit. Dengan kadar lemak yang rendah, perut akan terlihat lebih kencang, serta otot perut yang kuat akan membantu menjaga keseimbangan tubuh, mencegah cidera punggung bagian bawah, dan membentuk postur tubuh yang baik. Untuk mengecilkan perut dan membentuknya menjadi lebih indah memang tidak semudah yang dibayangkan. Tapi, Anda dapat melakukan 5 gerakan mudah yang akan membantu Anda mengecilkan perut sekaligus membentuk perut yang rata dan kencang.

Alat yang dibutuhkan: resistance band

Static Curl

Permulaan: Berbaring terlentang dengan meletakkan gulungan handuk di bawah lekuk punggung. Letakkan kedua tangan sedikit di belakang, atau sebelah, kepala. Tekuk kepala, leher dan bahu ke arah depan sekaligus angkat ujung bahu beberapa inci dari lantai. Kontraksikan bagian perut; kencangkan otot torso, tetapi jangan tarik terlalu dalam atau biarkan punggung berbaring rata pada lantai. Jangan bergerak atau condong terlalu jauh ke depan, melainkan tahan posisi ini dan tahan perut lebih kencang. Rentangkan leher, jangan menekuk. Bernafas seperti biasa dan usahakan mengencangkan bagian torso sebisa mungkin sambil menjaga posisi lekuk punggung bagian bawah. Tahan selama 5 sampai 10 detik.

Akhir: Tetap kencangkan otot pusat, putar kesatuan torso ke arah kanan. Tahan posisi ini tanpa bergerak atau berpindah.

Superman

Permulaan: Mulai dengan tangan dan lutut. Kencangkan bagian perut, tetapi pertahankan lekuk alami punggung bagian belakang. Angkat kaki kanan lurus ke arah belakang sampai berada pada garis pinggul. Jaga kedua garis panggul sama rata agar bagian perut tetap lurus ke bawah, tidak menghadap ke samping. Pastikan siku tidak berjauhan dan bahu tidak menempel pada telinga.

Akhir: Ketika sudah merasa stabil dengan posisi kaki kanan terangkat, naikkan lengan kiri ke arah depan lurus sejajar dengan garis pinggul. Tahan pada posisi ini dengan mengencangkan semua otot perut, bokong dan punggung. Angkat lengan tinggi-tinggi hingga terasa pangkal bahu sejajar dengan bagian rusuk, jangan angkat tangan lebih tinggi dari kepala. Lihat ke bawah dan tekuk dagu hingga leher, hindari menjatuhkan kepala lebih dari bahu. Jaga semua bagian tubuh pada garis lurus. Nafas seperti biasa, lalu lakukan semakin rendah dan ulangi, kemudian ganti sisi.

Band-Core Twist

Permulaan: Balut resistance band pada tiang atau alat latihan apa pun yang kokoh. Posisikan sejajar dengan tinggi dada. Pegang tangkai atau jika tidak ada pegangan, balut ujung tali dengan kuat pada masing-masing tangan. Hadapkan badan kepada arah tali terikat. Berdiri tegak, tetapi rendahkan sedikit pusat gravitasi dengan membungkukkan lutut dan menitikberatkan berat badan pada tumit. Satukan kedua tangan dan tarik tali, tahan tangan mendekati dada.

Akhir: Kencangkan perut melawan daya tarik resistance band dan putar bagian rusuk ke arah kanan sejauh mungkin. Gerakkan badan sebagai kesatuan dan putar kepala searah dengan dada. Tahan, jaga otot pusat tetap kencang sambil perlahan putar kembali ke arah tengah seperti posisi awal. Berdiri tegak sambil berputar ke arah berlawanan.

Low-Balance Plank

Permulaan: Berbaring pada perut dengan kaki terlentang dan sandarkan diri pada lengan bawah. Lentingkan jari-jari kaki ke arah bawah dan angkat bagian pinggul tiga sampai enam inci dari lantai. Pertahankan posisi ini, jaga tubuh pada garis lurus. Kencangkan perut, bernafas seperti biasa dan rendahkan bahu menjauh dari telinga.

Akhir: Tarik perut menjauh dari lantai untuk menstabilkan otot-otot pada seluruh bagian torso, lalu bengkokkan lutut kanan untuk membentuk betis tegak lurus dengan lantai. Tahan, lalu luruskan kaki, rendahkan tubuh dan rehat sejenak. Ulangi dengan berganti sisi.

Side Bridge

Permulaan: Berbaring pada sisi kanan dan bertumpu pada tangan (kanan) bagian bawah. Luruskan kaki lalu tekuk ke belakang agar paha tegak lurus dengan torso. Silangkan kaki (kiri) yang terletak atas di atas kaki (kanan) bawahnya. Tahan bagian rusuk menjauh dari lantai.

Akhir: Angkat badan ke samping, dengan tumpuan berat tubuh pada tangan dan sisi kaki. Kencangkan otot bokong sambil mendorong ke arah atas untuk membentuk garis diagonal dari kepala hingga kaki. Kencangkan perut dan pastikan bagian pinggul tertata paralel dan perut menghadap ke depan, bukan ke lantai. Usahakan tetap bernafas normal dan fokus pada mengunci bagian panggul dan rusuk menyatu agar torso tidak melengkung. Tahan posisi ini untuk 5 sampai 10 detik, lakukan selama satu menit. Lalu rendahkan dan ulangi, kemudian ganti sisi.

Nah, tidak sulit bukan? Lakukan semua gerakan di atas, ditambah lebih banyak kardio dan diet yang tepat, maka Anda akan segera dapatkan hasil dari program mengecilkan perut Anda.