4 Manfaat lain Mengonsumsi Suplemen BCAA

category: Supplement

Beberapa tahun silam penggunaan suplemen BCAA hanya terbatas pada kalangan para bodybuilder saja. Namun seiring perkembangan dunia kebugaran, atlet olahraga lainnya juga mulai menggunakan suplementasi BCAA untuk meningkatkan performa mereka.

4 Manfaat lain Mengonsumsi Suplemen BCAA

BCAA merupakan bagian dari 9 asam amino esensial yang penting dan dibutuhkan tubuh untuk membantu memperbaiki otot dan membangun otot. Komponen inti dari BCAA adalah leucine, isoleucine, dan valine, juga berfungsi sebagai peningkat energi.

  1. Meningkatkan Energi
    Selain meningkatkan energi dengan cara menggunakannya sebagai sumber energi otot secara langsung, BCAA juga meningkatkan energi dengan cara mengurangi jumlah triptofan yang menuju ke otak. Triptofan menghasilkan metabolit berupa serotonin. Selama latihan, serotoninmemberi sinyal pada otak bahwa tubuh kelelahan sehingga tubuh pun menurunkan kekuatan otot dan ketahanan.Komponen BCAA, yang disebut valine, bersaing dengan triptofan untuk masuk ke otak. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi BCAA sebelum latihan akan menurunkan asam amino triptofan yang masuk ke otak, sehingga mengurangi kelelahan yang Anda alami. Sebagai tambahan, BCAA juga membantu meningkatkan fungsi otak dengan mengurangi kelelahan otak.

    Kondisi tubuh yang bugar juga akan membuat kinerja otak menjadi lebih baik. Fungsi biokimia otak akan meningkat setelah mengkonsumsi suplemen BCAA. Jadi, untuk membantu meningkatkan energi dan konsentrasi Anda, mengonsumsi suplemen BCAA juga dianjurkan.

  2. Mencegah Penyusutan Otot
    Latihan yang dilakukan selama berjam-jam akan membuat tubuh Anda lelah dan rentan mengalami overtraining. Overtraining adalah menurunnya kemampuan tubuh akibat latihan berlebihan sehingga dapat memicu nyeri, kram dan penyusutan otot.Suplemen BCAA direkomendasikan untuk membantu perbaikan dan juga pertumbuhan jaringan otot setelah latihan intens. Konsumsi suplemen BCAA sebelum latihan dapat membantu mempercepat proses pemulihan untuk latihan selanjutnya sekaligus mencegah penyusutan otot akibat latihan yang intens.
  3. Meningkatkan Kekuatan Otot
    Selain mencegah penyusutan otot, BCAA juga meningkatkan kekuatan otot karena BCAA merupakan nutrisi penting bagi kinerja otot. BCAA meningkatkan kekuatan otot dengan cara merangsang sintesa protein otot dan juga mempengaruhi level hormon anabolik (pembentukan otot) dan katabolik (penyusutan otot). Salah satu hormon anabolik yang ditingkatkan oleh BCAA adalah insulin, sedangkan salah satu hormon katabolik yang diturunkan oleh BCAA adalah kortisol.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Tak hanya membantu perkembangan otot, suplementasi BCAA juga efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak tubuh Anda. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi suplementasi BCAA dapat mencegah lapar dan membuat perut kenyang lebih lama. Suplementasi BCAA cocok bagi Anda yang menginginkan tubuh berotot bebas lemak.

BCAA merupakan suplemen yang memiliki berbagai manfaat penting. Selain menerapkan pola makan sehat ditambah latihan intensif, pertimbangkan untuk memasukkan suplemen BCAA ke dalam program diet dan fitness Anda. (dan)

BACA JUGA : 6 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Berlatih Fitnes