Mengapa Tubuh Anda Perlu Vitamin C?

category: Supplement

Vitamin C yang dikenal juga sebagai ascorbic acid atau L-ascorbate, adalah vitamin yang sangat dibutuhkantubuh manusia. Selain itu juga merupakan vitamin yang paling aman dan penting untuk dikonsumsi manusia setiap harinya.

Kebanyakan orang akan mengonsumsi vitamin C bila mereka terserang sakit flu. Vitamin C mempunyai sifat mudah larut dalam air yang mana diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Karena sifatnya yang mudah larut dalam air ini, maka kelebihan vitamin C yang tidak diperlukan tubuh akan dibuang melalui air seni dalam waktu 24 jam.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang mempunyai fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

Mengapa Tubuh Anda Perlu Vitamin C?

Alasan sehat berikut ini merupakan jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1.       Membantu Pertumbuhan

Vitamin C diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan seluruh bagian tubuh. Vitamin C digunakan untuk membentuk collagen, protein untuk pembentukan kulit,tendon, ligamen dan pembuluh darah. Selain itu juga digunakan untuk proses penyembuhan luka, dan  perbaikkanserta memelihara tulang dan gigi.

2.       Mencegah Penuaan

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

3.       Memperbaiki Mood

Vitamin C membantu memperbaiki mood dengan cara mengurangi stres. Saat stres, tubuh akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah besar dibandingkan biasanya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas dengan efektif.

Selain membantu Anda mengurangi stres, vitamin C dalam tubuh yang cukup juga membantu mengembalikan tekanan darah dan kortisol (hormon stres) ke tingkat normal.

4.       Mengendalikan Kadar Kolesterol

Fungsi Vitamin C selanjutnya adalah, membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

5.       Membantu Menurunkan Berat Badan

Vitamin C telah terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi. Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

6.       Mempercepat Pemulihan

Vitamin C dibutuhkan oleh semua orang, baik orang yang ingin fit dalam melakukan rutinitas sehari-hari, maupun seorang atlet professional. Vitamin C membantu menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

Setelah mengetahui semua manfaat vitamin C bagi tubuh, kini saatnya Anda memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Apapun tujuan Anda, baik menambah stamina, mengurangi berat badan, menjaga kondisi tubuh, ataupun untuk vitalitas, vitamin C adalah salah satu vitamin yang akan membantu Anda meraihkebugaran.

BACA JUGA : Apa yang Membedakan Vitamin dengan Mineral?