3 Teknik Latihan Terbaik Untuk Perkembangan Otot Maksimal

category: Training

Semua pria pasti ingin memiliki tubuh ideal. Memiliki tubuh ideal tentunya tidak terlepas dari bagaimana Anda meningkatkan perkembangan otot dan menyingkirkan lemak membandel dalam tubuh Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan perkembangan otot optimal. Salah satunya dengan latihan beban.

 3 Teknik Latihan Terbaik Untuk Perkembangan Otot Maksimal
Latihan beban merupakan latihan yang sangat efektif untuk meningkatkan perkembangan otot. Tentunya Anda tidak ingin membuang waktu Anda berjam-jam berlatih beban tanpa hasil apapun bukan? Penguasaan teknik latihan beban yang baik tentunya akan memudahkan Anda mencapai perkembangan otot lebih optimal. Banyak penelitian menunjukkan, jika Anda bisa fokus pada latihan Anda, maka peningkatan aktivitas otot yang signifikan pasti akan Anda dapatkan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memaksimalkan latihan beban, berikut ini 3 tips yang akan membuat Anda lebih mudah mencapai perkembangan otot optimal dalam latihan beban.

  1. Gunakan Negative Repetitions
    Lakukan negative repetition dan mintalah bantuan teman Anda sebagai spotter. Gunakan beban yang biasanya menantang bagi Anda saat latihan. Tugas teman Anda adalah membantu Anda ketika melakukan positive repetition, atau pada saat mengangkat beban. Saat Anda menurunkan beban atau negative repetition, Anda harus melakukannya sendiri tanpa bantuan teman Anda. Kita ambil contoh, latihan benchpress. Saat Anda mendorong barbell ke atas mintalah teman Anda membantu mengangkatnya untuk Anda, ketika Anda menurunkan barbell, lakukan dengan kekuatan Anda sendiri secara perlahan dengan rentang waktu 3-5 detik. Dengan teknik ini, otot yang terlibat selama benchpress akan berkembang lebih signifikan.
  2. Dapatkan Perkembangan Otot Lebih Signifikan Di Sini!

  3. Tingkatkan Intensitas Latihan
    Berlatih dengan beban yang sama dalam waktu lama tidak akan membuat massa otot Anda berkembang. Menambahkan intensitas latihan merupakan cara paling efektif untuk memaksimalkan perkembangan otot Anda. Caranya adalah, tambahkan beban latihan! Tak cukup menambah latihan, Anda pun harus meningkatkan jumlah repetisi dan set latihan Anda. Jika sebelumnya Anda melakukan 2 set dengan 6-8 repetisi, Anda bisa menambahkan menjadi 3 set dengan 8-12 repetisi. Untuk merangsang pertumbuhan otot Anda, lakukan latihan beban sebanyak 4-5 kali seminggu.
  4. Persingkat Istirahat Antar Set
    Faktor inilah yang sering diabaikan banyak orang. Banyak sekali yang belum memahami bahwa jeda istirahat antar set yang terlalu panjang dapat mempengaruhi hasil latihan. Untuk pembentukan otot optimal, jeda istirahat antar set seharusnya tidak lebih dari 1,5 menit. Waktu istirahat yang lebih pendek berguna untuk meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan perkembangan otot lebih maksimal.

Penguasaan teknik dan pola latihan yang benar adalah kunci dari keberhasilan Anda untuk meningkatkan perkembangan otot. Hindari kesalahan-kesalahan dalam berlatih beban, dan berlatihlah dengan cara yang benar mulai dari sekarang.