5 Cara Mudah Melatih Tubuh Agar Lebih Lentur

category: Training

Melatih kelenturan tubuh sangat penting bagi kebugaran tubuh karena penting untuk mencegah cedera dan merenggangkan persendian yang kaku. Bagaimana caranya melatih agar tubuh lebih lentur?

Kelenturan atau fleksibilitas adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan dalam ruang gerak sendi. Fleksibilitas sering mengacu kepada ruang gerak sendi atau sendi-sendi tubuh. Ruang gerak sendi dipengaruhi oleh otot-otot, tendo, dan ligamen.

5 Cara Mudah Melatih Tubuh Agar Lebih Lentur 5 Cara Mudah Melatih Tubuh Agar Lebih Lentur

Berikut 5 cara mudah melatih kelenturan bagi tubuh seperti yang dikutip dari health.com baru-baru ini :

Peregangan usai bangun pagi-pagi
Bangun pagi-pagi akan membuat tubuh Anda mendapat energi lebih baik dan membantu Anda menjadi lebih lentur. Renggangkanlah tubuh Anda secukupnya pada pagi hari ketika baru bangun tidur. Anda bisa melakukannya diatas ranjang. Selama tidur, otot-otot atau persendian tubuh tidak beraktivitas sehingga membuatnya menjadi kaku.

Jangan lewatkan pendinginan
Cooldown atau pendinginan pasca berolahraga sangat diperlukan, apalagi jika Anda seorang pelari atau pesepeda, kerena jenis olahraga tersebut cenderung dapat membuat sendi menjadi tegang. Lakukan pendinginan tubuh beberapa menit sesudah latihan untuk membantu meredakan ketegangan otot.

Roll out exercise
Ini bukan lagi sebuah mitos, bahwa teknik roll out atau menggulirkan tubuh diatas gulungan foam atau exercise ball dapat membantu melonggarkan otot-otot yang dilapisi oleh jaringan tebal (fascia) dalam tubuh dan merenggangkan otot-otot yang tegang. Lakukan latihan roll out secara teratur untuk membantu kelenturan tubuh Anda.

Latihan yoga dan pilates
Jika Anda benar-benar ingin tubuh menjadi lebih fleksibel, cobalah atau sisipkan latihan yoga dan pilates dalam program latihan rutin Anda. Kedua latihan tersebut sangat membantu melenturkan tubuh sekaligus memperkuat otot-otot inti Anda.

Fokus pada otot yang bermasalah
Secara keseluruhan, stretching atau peregangan juga harus menjadi bagian dari latihan kelenturan Anda, tetapi mengambil waktu khusus untuk fokus pada bagian otot yang bermasalah juga sangat penting. Misalnya, jika Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk saja saat bekerja, berarti Anda harus fokus pada otot bahu dan pinggul untuk mencegah otot kaku pada dua bagian tersebut. Cobalah lakukan stretching pada bagian otot yang bermasalah selama beberapa menit.

Selamat mencoba! (boy)

LIHAT JUGA : Video Latihan Kelenturan Agar Seks Lebih Hebat