5 Tips Penting Untuk Program Fitness Anda Selama Puasa

category: Training

5 Tips Penting Untuk Program Fitness Anda Selama Puasa 5 Tips Penting Untuk Program Fitness Anda Selama Puasa

Banyak umat Islam yang berolahraga atau yang peduli pada kebugaran fisik mereka bertanya-tanya bagaimana dan kapan saat yang tepat untuk melanjutkan program fitnes mereka selama bulan berpuasa di bulan Ramadhan.

Berikut adalah 5 tips yang memungkinkan Anda untuk tetap aktif di bulan puasa tanpa membebani sistem tubuh dan membahayakan puasa Anda.

  1. Sesuaikan Tujuan Program Fitness Anda

    Buat tujuan fitness untuk menjaga kebugaran Anda saat ini. Melakukan fitness atau menurunkan berat badan mengharuskan Anda kehilangan beberapa hal dari tubuh yang menyebabkan penurunan energi, dan sering membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi, daripada membuat sistem Anda bekerja berlebihan, lebih baik mempertahankan kebugaran saat ini untuk mencegah Anda dari kemunduran dari hasil latihan Anda.

  2. Kurangi Intensitas Latihan Anda

    Mengurangi intensitas latihan akan memungkinkan Anda untuk tetap konsisten dalam latihan tanpa harus menguras energi Anda lebih banyak. Yang paling penting untuk dilakukan bulan ini adalah untuk tetap melanjutkan latihan. Konsistensi adalah kunci utama untuk mempertahankan tingkat kebugaran Anda.

  3. Gabungkan Latihan Kardio dan Resistansi

    Anda akan sulit mendapatkan energi dan waktu untuk melakukan kedua latihan, kardio dan latihan ketahanan di bulan puasa. Oleh karena itu gabungkan keduanya menjadi sebuah rangkaian latihan resistensi (resistance training circuit). Rangkaian latihan yang terdiri dari 3-6 latihan dan dilakukan dengan cepat tanpa berhenti di antara setiap latihan akan memungkinkan Anda untuk membangun otot dan meningkatkan daya tahan kardiovaskuler dalam satu latihan.

    Berikut adalah rangkaian latihan dasar yang dapat Anda lakukan di rumah:

    • 10-15 pushup
    • 10-15 squat
    • 1 menit jumping jacks (jalan di tempat)
    • 10-15 bench dips
    • 10-15 lunges
    • 1 menit jogging di tempat (atau jalan ditempat)

    Ulangi 2-3 kali atau sampai Anda telah melakukannya selama 30 menit berturut-turut (atau lebih lama).

  4. Tetap Konsisten, Meski Hanya Latihan Ringan

    Konsisten dalam melakukan sesuatu akan membuat perbedaan terbesar dalam meraih kebugaran selama berpuasa. Mencari waktu untuk latihan mungkin bukan hal mudah. Tapi dengan 20 menit berjalan kaki akan membantu Anda mempertahankan tingkat kebugaran dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah kembali ke rutinitas normal Anda setelah usai Lebaran nanti.

  5. Lakukan Latihan Dengan Tepat
    Jika Anda merasa perlu untuk menyesuaikan program latihan yang baik, Anda mungkin harus merencanakannya. Pilih waktu latihan ketika Anda memiliki lebih banyak energi dan tidak mempengaruhi puasa Anda. Beberapa orang merasa memiliki energi baru pada beberapa saat sebelum mereka berbuka puasa dan mungkin itu merupakan waktu terbaik untuk latihan. Perhatikan tingkat energi Anda pada hari-hari pertama puasa dan temukan waktu latihan yang tepat untuk Anda. Pilihlah waktu latihan dimana tingkat energi Anda memungkinkan untuk membakar kalori ekstra tanpa menyebabkan lelah.

Kita harus ingat bahwa puasa memang merupakan kewajiban yang menjadi prioritas utama selama bulan Ramadhan ini. Namun demikian, tetap sehat dan bugar selama puasa juga merupakan hal yang penting untuk dipertahankan agar tidak mengganggu puasa Anda. Selamat berpuasa dan tetap berlatih!