6 Langkah Pulih Lebih Cepat Pasca Latihan

category: Training

Fitnessmania pasti telah mengetahui tentang bahaya dari latihan berlebihan alias overtraining. Namun demikian, tak jarang kita merasakan gejala overtraining meskipun sebenarnya kita tidak melakukan latihan secara berlebihan.

6-Langkah-Pulih-Lebih-Cepat-Pasca-Latihan

Kram dan nyeri otot adalah dua gejala yang kerap terjadi ketika kita selesai berlatih fitness. Meski pun tubuh tidak mengalami overtraining namun ketika tubuh tidak mendapatkan recovery (pemulihan) yang cukup, maka gejala di atas sangat mungkin terjadi pada Anda.

Nah, agar tubuh Anda pulih lebih cepat dan kembali bugar pasca latihan, berikut 6 langkah singkat yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pemulihan tubuh pasca latihan.

  1. Pendinginan
    Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan di awal latihan. Ibarat mobil yang melaju kencang kemudian berhenti mendadak, penumpang di dalam mobil akan terbentur dan berantakan. Begitu pula dengan tubuh Anda. Setelah melakukan latihan intens, turunkan pedal gas tubuh Anda secara perlahan dengan pendinginan. Selain mencegah cedera, pendinginan yang cukup juga bisa memaksimalkan proses pemulihan tubuh Anda.
  2. Ganti Cairan Tubuh yang Hilang
    Selama latihan, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sehingga cairan tubuh akan berkurang. Mengganti cairan tubuh yang hilang diperlukan untuk kelangsungan proses metabolisme tubuh dan memaksimalkan transportasi nutrisi menuju sel-sel tubuh Anda, sekaligus membantu menstablikan suhu tubuh yang tinggi selama latihan.
  3. Makan untuk Pemulihan
    Makanan yang Anda konsumsi setelah selesai berlatih sangat diperlukan untuk proses pemulihan dan perbaikan tubuh setelah latihan. Secara khusus, makan setelah latihan berguna untuk meningkatkan pembentukan otot, mengurangi nyeri, serta mempercepat pemulihan tubuh.

    Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda setelah berlatih, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung protein dan karbohidrat (karbohidrat simple). Anda bisa mendapatkan karbohidrat cepat serap yang terdapat pada buah-buahan seperti pisang. Sedangkan untuk kebutuhan protein Anda bisa mendapatkannya dari whey protein, putih telur, atau dada ayam ditambah dengan buah-buahan segar seperti apel, jeruk, atau stroberi yang menyediakan berbagai vitamin dan mineral.

  4. Tidur Berkualitas
    Anda biasa mendengar bahwa orang perlu tidur minimal 7 jam sehari. Namun terkadang tidur dalam waktu tersebut tidak menyelesaikan masalah, apalagi jika tidur yang Anda dapatkan tidak berkualitas. Tidur berkualitas bisa diukur dari terbangunnya Anda dari tidur tanpa bantuan alarm.

    Latihan rutin bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. So, setelah latihan cobalah untuk mendapatkan tidur berkualitas agar proses pemulihan tubuh dan perkembangan otot berlangsung optimal.

  5. Mandi
    Tepatnya mandi air hangat selama 2-3 menit dan dilanjutkan dengan air biasa selama 30 detik, dilakukan secara bergantian selama 4 kali. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk melebar sehingga aliran darah kembali lancar. Sedangkan air dingin dapat mencegah kram dan nyeri otot.
  6. Massage
    Massage atau pijat dengan pijatan yang baik dan dilakukan secara teratur baik untuk relaksasi serta memperlancar peredaran darah Anda. Dengan peredaran darah yang lebih lancar, maka pasokan nutrisi dan oksigen dalam tubuh akan lancar, sehingga pemulihan pun akan lebih cepat dan optimal.

Pemulihan sama pentingnya dengan latihan. Pemulihan yang baik akan membuka peluang Anda untuk mendapatkan hasil latihan terbaik dengan tubuh yang lebih bugar. Selamat berlatih! (dan)

BACA JUGA : Rahasia Jason Statham Membentuk Tubuh Atletisnya